Search

Media Asing Turut Beritakan Pernikahan Remaja dengan Nenek di Indonesia

BabeBola.net– Pernikahan seorang remaja dengan nenek berusia 71 tahun turut menjadi sorotan media asing. Kasus ini terungkap saat video pernikahan itu viral di dunia maya.

Adalah kantor berita BBC yang menyoroti peristiwa ini. Dalam pemberitaannya, BBC menyatakan pernikahan ini telah melanggar kebiasaan dan hukum. Di bawah hukum Indonesia, perempuan harus berusia minimal 16 dan laki-laki setidaknya 19 untuk menikah.

“Pengantin pria berusia 16 tahun ini secara teknis masih di bawah umur namun pejabat desa mengizinkan sebuah pernikahan yang tidak terdaftar setelah pasangan tersebut dilaporkan mengancam akan melakukan bunuh diri,” begitu tulis BBC Jumat (7/7/2017).

BBC menyatakan kedekatan keduanya terjadi saat sang nenek merawat anak-anak laki-laki itu ketika menderita malaria.

“Karena anak laki-laki di bawah umur, kami telah memutusukan untuk melaksanakan pernikahan secara pribadi,” tulis BBC mengutip pernyataan Cik Ani, kepala desa kedua pasangan itu di Sumatera Selatan.

BBC juga memuat pernyataan Yenni Izzi, seorang aktivis dari Women Crisis Center di Palembang yang berkampanye untuk mengakhiri pernikahan anak. Dalam pernyataannya, Izzi mengatakan bahwa pernikahan tersebut adalah”kasus yang sangat tidak biasa.

“Anak laki-laki itu memutuskan untuk menikah bukan karena alasan ekonomi atau fisik tapi karena dia memberinya perhatian dan cinta,” jelasnya.

“Dia tidak cukup dewasa, jadi untuk mendapatkan perhatian dan cinta yang dia kira hidup bersama adalah jawabannya. Dan hidup bersama berarti menikah,” terang Izzi.

BBC juga mengutip pernyataan Menteri Sosial Indonesia Khofifah Indar Parawansa yang mengatakan bahwa tidak mungkin bagi keduanya menikah di kantor urusan agama karena mempelai laki-laki masih di bawah umur.

Sementara Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan pernikahan itu di luar hal wajar.

“Dalam banyak kasus, gadis-gadis yang menikah terlalu cepat. Tapi tentang pernikahan ini, antara seorang pria muda dan seorang wanita tua, saya tidak bisa berkomentar lebih jauh lagi,” kata Alex Noerdin.

SUMBER: INTERNATIONALNEWS.COM

Written by 

Related posts

Leave a Comment