Search

Membandingkan Karier Bunga Citra Lestari dalam Berakting dan Bernyanyi

BABEBOLA.COM-Bunga Citra Lestari memulai kariernya di industri hiburan Tanah Air sejak tahun 1997. Debut pertamanya adalah sebagai seorang pemain sinetron. Salah satu sinetron populer yang pernah dibintanginya adalah ‘Senandung Masa Puber’ yang tayang pada tahun 2003.

Tak hanya sinetron saja, wanita berdarah Minangkabau tersebut juga melebarkan sayapnya ke dunia film layar lebar. Film pertama yang dibintanginya adalah ‘Cinta Pertama’ yang rilis pada 2006. Dalam film tersebut, ia berperan sebagai anak SMA yang bernama Alya. Satu tahun kemudian, ia membintangi film ‘Kangen’ dan beradu akting dengan aktor Reuben Elishama.

Tahun-tahun berikutnya, wanita yang kerap disapa Unge ini semakin aktif bermain dalam film layar lebar. Beberapa di antaranya adalah ‘Aku Ada, Kamu Ada’ dan ‘Saus Kacang’.

Setelah tahun 2008, Bunga sempat vakum berkarier di dunia akting. Namun, ia kembali lagi di tahun 2012 dengan bermain film ‘Habibie & Ainun’ bersama dengan Reza Rahadian. Mereka berdua kembali dipertemukan dalam film ‘My Stupid Boss’ yang dirilis pada tahun 2016. Di tahun yang sama, ia juga membintangi film ‘3 Srikandi’ bersama dengan Tara Basro dan Chelsea Islan.

Pada tahun 2017, ia membintangi film ‘Mooncake Story’ dan ‘Surat Kecil untuk Tuhan’. Di akhir tahun yang sama, ia mencoba sesuatu hal yang baru yakni dengan menjadi pengisi suara di film animasi ‘Si Juki the Movie’.

Selain serius menekuni dunia akting, ibu satu orang anak ini juga mencoba peruntungannya sebagai penyanyi sejak tahun 2006. Album perdananya yang berjudul ‘Cinta Pertama’ (2006) memuat 10 lagu di dalamnya.

Dua lagu diantaranya menjadi original soundtrack film berjudul sama, yakni ‘Sunny (Cinta Pertama)’ dan ‘Aku Tak Mau Sendiri’. Sedangkan lagu ‘Mengapa Harus Terjadi’ menjadioriginal soundtrack film ‘Kangen’.

Album ini meledak di pasaran karena berhasil terjual 75 ribu copy hanya dalam waktu dua minggu. Album kedua yang bertajuk ‘Tentang Kamu’ kemudian dirilis pada 2008.

Bunga juga pernah melakukan kolaborasi dengan penyanyi solo pria, Ari Lasso, dan menelurkan single berjudul ‘Aku dan Dirimu’. Lagu tersebut berhasil mengantarkan mereka berdua menjadi pemenang di ajang penghargaan Anugerah Musik Indonesia 2008 dalam kategori ‘Karya Produksi Kolaborasi Terbaik’.

Sepanjang kariernya dalam bermusik, ia sudah menetaskan lima buah album, yaitu ‘Cinta Pertama’, ‘Tentang Kamu’, ‘The Best of BCL’, ‘Hit Singles and More’, dan ‘Its Me BCL’.

Lagu ‘Cinta Sejati’ dalam album ‘The Best of BCL’ yang diciptakan oleh Melly Goeslaw, dan menjadi original soudtrack film ‘Habibie & Ainun’ berhasil menyabet gelar ‘Soundtrack Terfavorit’ di ajang Indonesian Movie Awards 2013 dan ‘Artis Solo Wanita Terbaik (Pop)’ di ajang Anugerah Musik Indonesia 2013.

Di tahun 2017, Bunga menggelar konser tunggal bertajuk ‘Its Me BCL’ di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, untuk merayakan kariernya di industri musik Tanah Air. Kala itu, ia berkolaborasi dengan beberapa selebriti lain seperti Reza Rahadian, Ariel ‘NOAH’, Yovie Widianto, hingga Dipha Barus.

Saat ini, Bunga diketahui sedang aktif menjadi juri di ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2018 bersama dengan Maia Estianty, Ari Lasso, Judika, dan Armand Maulana.

Meskipun Bunga aktif berkarya dalam bidang seni peran, akan tetapi ia juga tak ingin mengabaikan kariernya di industri musik begitu saja. “So far, aku mau fokus sama nyanyi,” ungkapnya dalam sebuah wawancara.

 

Sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment