Search

Mengapa Anak Kembar Bisa Berbeda Berat Badan Lahirnya?

Mengapa Anak Kembar Bisa Berbeda Berat Badan Lahirnya?

Babebola.net – Jakarta, Saat bayi lahir dengan berat badan yang rendah, faktor genetik dan risiko maternal lainnya seperti kurang nutrisi dan merokok sering disebut jadi penyebab. Tapi bagaimana pada kasus anak kembar di mana keduanya lahir dengan berat badan yang jauh berbeda?

Studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di Boston Children’s Hospital mengatakan hal tersebut terjadi kemungkinan berkaitan dengan plasenta. Pada beberapa kasus plasenta satu anak kembar bisa tidak lebih baik dalam mengantarkan oksigen dan nutrisi.

Patricia Ellen Grant selaku salah satu peneliti mengetahuinya setelah mengembangkan teknik noninvasif menggunakan alat Magnetic Resonance Imaging (MRI). Ellen melakukan tes pada tujuh ibu yang diketahui mengandung anak kembar.

Di usia kehamilan 39-40 minggu, para ibu diminta untuk menjalani tes MRI selama 30 menit sambil menghirup oksigen murni selama 10 menit. Lalu peneliti melihat bagaimana oksigen murni mengalir dari tubuh ibu ke dua bayi di dalam kandungannya lewat plasenta.

Hasilnya diketahui waktu oksigen murni untuk sampai ke bayi dalam kandungan bisa berbeda-beda. Pada bayi yang oksigennya lebih lama sampai volume otak, hati, dan berat badannya secara keseluruhan lebih kecil dibandingkan bayi yang tingkat perjalanan oksigennya lebih cepat.

Dipublikasi dalam jurnal Scientific Reports, Ellen mengaku masih belum tahu mengapa kemampuan plasenta tiap anak bisa berbeda-beda.

“Langkah kita yang selanjutnya adalah menentukan apa yang menjadi penyebab transportasi oksigen ini bervariasi dalam plasental. Lalu kita cari nilai potongannya yang bisa jadi saran untuk seluruh kehamilan, termasuk kehamilan tunggal,” kata Ellen seperti dikutip dari Science Daily, Senin (20/6/2017).

Sumber : detik.com

Written by 

Related posts

Leave a Comment