Search

Meski Kawasan Genuk Sudah Mulai Kering, Normalisasi Di Sungai-Sungai Ini Tetap Lanjut

BABEBOLA.COM, SEMARANG – Sebagian besar wilayah Kecamatan Genuk, Semarang, yang terendam banjir selama sebulan telah surut dan mengering beberapa hari terakhir.

Meski begitu, persoalan penanganan banjir hingga saat ini masih dalam proses penanganan normalisasi sungai.

Penanganan normalisasi itu ada di sungai Tenggang, Sringin Baru maupun Sringin Lama.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Semarang Iswar Aminudin mengatakan upaya normalisasi itu termasuk juga di Banjir Kanal Timur (BKT).

“Tinggal menunggu saja. Termasuk (normalisasi) sungai Banjir Kanal Timur. Normalisasi Banger kemarin sudah selesai dan Sungai Babon, perkembangannya nanti lihat saja,” ucap Iswar kepada Tribunjateng.com, Kamis (8/3/2018).

Dalam hal ini, Ia tidak menyalahkan aktivitas pembendungan sejumlah sungai di wilayah tersebut yang selama ini dinilai menjadi penyebab banjir.

Menurut Iswar, hal tersebut boleh saja dilakukan, namun ada baiknya menunggu normalisasi oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) selesai terlebih dahulu.

Sedangkan dampak kerusakan jalan akibat banjir, ia menjelaskan bahwa saat ini telah ditangani oleh pemerintah pusat.

Pemkot Semarang tidak bisa menangani jalan nasional karena bukan merupakan kewenangan mereka.

“Kalau ditangani Pemkot bisa tekor. Pemerintah pusat kan masih punya anggaran, saat ini alat berat sudah di sana,” lanjutnya.

Terpisah, Camat Genuk, Ali Muchtar mengatakan beberapa hari lalu memang masih ada sejumlah titik wilayah kelurahan di Kecamatan Genuk terendam banjir.

Tetapi saat ini hampir semuanya telah surut dan kering.

“Sisanya beberapa titik rumah yang tanahnya rendah, jadi air tidak bisa keluar. Saya punya pompa portable dua unit nanti dipakai keliling untuk penanganan,” terang Ali saat ditemui babebola.com

Written by 

Related posts

Leave a Comment