Search

Miris, Foto Manusia Mengganggu Gajah Ini Justru Dapat Penghargaan

BABEBOLA.net,Jakarta Dalam foto menyedihkan tersebut, seekor gajah dewasa dan anaknya, terkejut dan berusaha menyelamatkan diri dari sebuah bola api. Di kejauhan, kerumunan orang yang barus aja melempar bola tar berapi meneriaki mereka.

 

 Biplab Hazra berhasil menangkap adegan menyedihkan itu di distrik Bankura Benggala Barat di India. Foto yang diberi nama “Hell is Here” itu baru-baru ini dianugerahi hadiah utama di Sanctuary Wildlife Photography Awards 2017.

“Bagi hewan-hewan sosial yang cerdas dan lembut seperti gajah, neraka adalah di sini dan saat ini.”

Demikian yang ditulis oleh Sanctuary Asia, sebuah majalah margasatwa yang berbasis di Mumbai dalam sebuah pernyataan yang menyertai foto itu. Untungnya, kedua gajah itu selamat dari serangan bola api tersebut.

Namun, serangan terhadap gajah dan hewan besar lainnya seperti badak bertanduk, sangat umum terjadi di beberapa di India. Warga juga biasa menggunakan kembang api, drum timah, panah untuk mengganggu mereka.

 


Ketidakpedulian Pemerintah

India memiliki lebih dari 70 persen gajah Asia di dunia. Spesies tersebut saat ini terdaftar sebagai terancam punah pada Daftar Merah IUCN. Populasi manusia yang berkembang pesat di India membuat mereka semakin terpengaruh oleh ancaman kehilangan habitat, degradasi, dan fragmentasi.

Banyak jalur migrasi tradisional gajah terganggu oleh perkembangan infrastruktur baru. Hal ini juga menyebabkan meningkatkan jumlah serangan gajah terhadap manusia.

“Ketidaktahuan dan haus darah massa yang menyerang mereka untuk bersenang-senang, diperparah oleh penderitaan orang-orang yang lahannya rusak, juga ketidakpedulian pemerintah untuk mengenali krisis yang terjadi,” tambah Sanctuary Asia dalam pernyataan tersebut.

Beberapa foto lain dari penghargaan tersebut dapat Anda lihat di situs Sanctuary Wildlife Photography Awards 2017.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment