Search

Mobil Otonom Dibolehkan Melenggang di Jalanan Jerman

Berlin – Mobil otonom yang tak memerlukan kendali sopir manusia dipercaya bakal menjadi teknologi kendaraan masa depan. Jerman pun melihat teknologi itu akan menjadi kenyataan.

Diberitakan Reuters, Minggu (14/5/2017), Jerman membuka jalan bagi industri otomotif untuk mengembangkan dan menguji mobil otonom. Parlemen Jerman menyetujui mobil otonom untuk diuji di jalanan.

Namun saat pengujian, seorang sopir manusia harus duduk di balik kemudi. Jadi, setiap saat sopir manusia itu bisa mengambil alih kemudi jika dalam keadaan tertentu.

Selain itu, mobil otonom yang diuji di Jerman juga harus ada sebuah kotak hitam yang merekam selama perjalanan. Kotak hitam itu bisa mencatat apakah sopir manusia atau sistem komputer yang mengambil alih kemudi selama perjalanan. Ini sangat penting untuk menentukan siapa yang bersalah ketika terjadi kecelakaan.

Pengemudi harus bertanggung jawab atas kecelakaan ketika kemudi mobil sedang ditangani. Namun, jika sistem otonom yang sedang aktif ketika kecelakaan yang disebabkan kegagalan sistem, pabrikan pembuatnya yang harus bertanggung jawab. (rgr/ddn)

Written by 

Related posts

Leave a Comment