Search

Mobil Pertama Buatan Aria

BABEBOLA– Nama Aria memang tidak begitu dikenal masyarakat pencinta automotif. Maklum perusahaan yang berbasis di California, Amerika Serikat ini memang lebih banyak bergerak di balik layar.

Mereka pernah membantu sebuah rumah desain automotif, Singer saat memodifikasi mobil Porsche 911. Mereka juga yang mendesain mobil listrik milik Elon Musk, Tesla Model S. Tahun lalu di ajang Los Angeles Auto Show 2016 mereka akhirnya memberanikan diri membuat mobil sendiri yang mereka namakan Aria Fast Eddy.

Setahun berselang di tempat yang sama, mobil konsep tersebut akhirnya menjadi mobil yang siap produksi. Nama aneh Fast Eddy kemudian ditanggalkan menjadi Aria FXE. Carscoops mencatat bahwa mobil ini ditawarkan dengan konfigurasi konvensional dan juga hybrid .

Mobil berkonfigurasi konvensional dibekali dengan mesin 6.200 V8 yang tak disebutkan berapa besaran tenaganya. Hanya saja tenaga tersebut dipastikan disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 7 percepatan dualclutch .

Kemudian jika memilih konfigurasi hybrid , masih menggunakan mesin yang sama untuk menggerakkan roda belakang dan ditambah sepasang motor listrik untuk roda depan. Kombinasi mesin konvensional dan motor listrik ini sanggup hentakan tenaga 1.150 daya kuda dan torsi 1.784 Nm.

Aria mengklaim kalau hypercar ini sanggup berakselerasi 0-100 kilometer per jam (kpj) dalam tempo 2,7 detik. Adapun kecepatan maksimalnya tembus 337 kpj. Salah satu rahasia FXE bisa melesat kencang adalah penggunaan sasis monokok berbahan serat karbon.

Kemudian ditunjang juga oleh beberapa panel yang dibuat dari serat karbon dan juga titanium. Aria belum mengumumkan berapa banderol untuk FXE. Hanya saja diberitahukan mobil kencang ini hanya akan diproduksi 400 unit. (Wahyu Sibarani)

 

 

Sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment