Munich – Selesai sudah rangkaian pramusim Manchester United. MU menderita kekalahan di laga terakhirnya setelah menyerah 0-1 dari tim tuan rumah Bayern Munich.

Bermain di Allianz Arena, Senin (6/8/2018) dinihari WIB, kedua tim memainkan pemain-pemain di skuat utamanya sejak awal. Namun, MU masih belum diperkuat oleh Romel Lukaku, Paul Pogba, Jesse Lingard, Ashley Young, dan Marouane Fellaini.

Sedangkan Bayern sudah diperkuat pemain barunya, Leon Goretzka.

Die Roten mendominasi permainan dari awal sampai akhir, meski hanya bisa mencetak satu gol dari sundulan Javi Martinez di babak kedua. Sementara itu MU tidak berkutik usai hanya membuat satu tembakan off target.MU selanjutnya akan membuka Premier League 2018/19 dengan menghadapi Leicester City pada Jumat (10/8). Sedangkan Bayern akan tampil di Piala Super Jerman melawan Eintracht Frankfurt, lalu menjalani laga terakhir pramusim di markas Hamburg sebelum memulai kejuaraan kompetitif di Piala DFB (18/8).

Pertandingan berjalan lambat. Bayern pertama menekan di menit ketujuh saat tusukan Arjen Robben di sisi kanan menemui Thiago Alcantara di tepi kotak penalti MU. Sepakan Thiago masih bisa diantisipasi David de Gea.

MU masih bertahan dengan solid menghadapi serbuan-serbuan Bayern. Di menit ke-36, umpan Robben diblok Eric Bailly tapi bola menuju jalur Javi Martinez yang meneruskan dengan sepakan melengkung namun bola masih melambung.

Saat pertandingan melewati 40 menit, MU belum membuat tembakan. Bayern membuang peluang saat Franck Ribery gagal melakukan sepakan dari luar kotak penalti.

Pertandingan babak pertama berakhir. Skor masih seimbang tanpa gol.

Setelah turun minum, Bayern melewatkan peluang lainnya di menit ke-54. Dari sepak pojok menemui Leon Goretzka di depan gawang, tapi sundulannya malah melambung.

Kebuntuan akhirnya terpecah. Lima menit kemudian, sundulan Javi Martinez saat menyambut sepak pojok berhasil menembus penjagaan De Gea. Bayern memimpin 1-0.

Tembakan pertama MU saat pertandingan telah melewati sejam. Fred mencoba peruntungan dari jarak jauh, tapi sepakannya melebar dari gawang Manuel Neuer.

Memasuki 10 menit terakhir, Bayern masih terus mengejar gol keduanya. Sebuah peluang emas terbuang saat Kingsley Coman menusuk dari sisi kiri sebelum mengirim umpan tarik, tapi tembakan first-time Goretzka melebar tipis.

Bayern lagi-lagi gagal memanfaatkan peluang. Umpan silang matang dari Robben menemui Goretzka di depan gawang. Sayang, Goretzka tidak mengantisipasi bola dengan benar. Momentum terlewat.

Di menit ke-88, Bayern urung mendapatkan gol kedua. Sontekan Robben dari jarak dekat memang menembus gawang MU, tapi dianulir karena offside.

Susunan Pemain

BAYERN MUNICH: Neuer, Suele, Hummels (Boateng 46′), Alaba (Bernat 56′), Kimmich (Rudy 72′) , Robben, Ribery (Goretzka 46′), Javi Martinez, Thiago (Rafinha 60′), Mueller (Lewandowski 46′), Gnabry (Coman 60′)

MANCHESTER UNITED : De Gea (Grant 78′), Darmian (Jones 65′), Lindelof (Tuanzebe 78′), Bailly (Smalling 51′), Shaw (Mitchell 78′), Fred (Chong 79′), Herrera (Garner 82′), Andreas, Mata (McTominay 65′), Rashford (Fosu-Mensah 65′), Sanchez

Sumber: