Search

Napoli, PSG, Liverpool Rebutan Tiket ke 16 Besar

BABEBOLA – Fase grup sudah berjalan lima laga, tapi belum ada satu tim pun dari Grup C yang lolos ke 16 besar Liga Champions. Justru masih ada tiga tim yang berpeluang.

Usai matchday 4, Napoli memimpin klasemen Grup C dengan enam poin disusul Liverpool dengan jumlah poin yang sama. Paris Saint-Germainkemudian ada di urutan ketiga dengan lima poin dan Red Star Belgrade punya empat poin.

Liverpool dan Napoli pun jadi dua tim yang berpeluang memastikan tiket ke babak 16 besar di matchday 5. Namun itu tak terjadi dan persaingan justru kembali terbuka.

Pada matchday 5, Kamis (29/11) dini hari WIB tadi, Napoli memang menang 3-1 atas Red Star Belgrade di San Paolo. Namun mereka belum bisa dipastikan lolos karena di saat bersamaan PSG menang 2-1 atas Liverpool.

Hasil-hasil itu berpengaruh terhadap posisi tim di klasemen. Napoli masih memimpin dengan sembilan poin, tapi PSG kini menyalip Liverpool untuk menempati peringkat kedua dengan delapan poin.

Sementara itu, Liverpool ada di urutan ketiga dengan enam poin. Red Star Belgrade masih berada di dasar klasemen dengan empat poin.

Itu berarti Napoli, PSG, dan Liverpool masih punya peluang untuk melangkah ke 16 besar. Sementara Red Star sudah dipastikan tidak bisa lolos, tapi punya kans untuk finis ketiga alias masuk ke Liga Europa.

Maka nasib tim-tim di Grup C baru akan ditentukan di pertandingan terakhir pada 11 Desember. Liverpool akan menjamu Napoli di Anfield, sedangkan PSG tandang ke markas Red Star.

Apa yang dibutuhkan setiap tim untuk lolos ke 16 besar? Berikut adalah permutasi di Grup C seperti dikutip dari situs resmi UEFA:

– Napoli akan lolos kalau dapat hasil imbang, atau jika mereka kalah dan PSG juga kalah.

– PSG akan lolos kalau menang, atau kalau Liverpool tidak menang.

– Liverpool harus menang untuk menjaga peluang lolos. Kalau PSG menang, Liverpool harus menang 1-0 atau selisih dua gol atau lebih. Jika Liverpool, PSG, dan Napoli semua pada akhirnya punya sembilan poin, Liverpool akan jadi juara grup berkat head-to-head segitiga. Sementara posisi runner-up akan bergantung skor akhir di Anfield.

– Red Star Belgrade akan finis ketiga kalau menang dan Liverpool kalah (Liverpool unggul secara head-to-head dalam hal selisih gol atas Red Star).

 

 

 

SUMBER

 

 

Written by 

Related posts

Leave a Comment