Search

Negara yang Nggak Punya Gerai Mc Donald.

BABEBOLA.COM-Mc Donald merupakan salah satu gerai makanan cepat saji yang banyak digemari masyarakat. Karena banyak penggemarnya, gerai ini berdiri hampir di seluruh negara di dunia. Di Indonesia, di setiap kota besar pasti ada Mc Donald bahkan dalam satu kota bisa lebih dari satu. Namun ternyata di beberapa negara, Mc Donald nggak ada lho. Wah, kenapa ya? Yuk cari tahu alasannya.

 

1. islandia

Islandia awalnya memiliki tiga gerai Mc Donald. Karena terjadi krisis moneter di tahun 2009, gerai-gerai tersebut akhirnya ditutup. Krisis moneter telah berlalu, tetapi negara ini menolak membuka gerai cepat saji tersebut dengan alasan makanannya tidak sehat.

2. Yaman

Ekonomi yang tidak stabil menjadikan Yaman tak memiliki gerai Mc Donald. Selain itu, Yaman yang rawan diserang teroris juga menjadi alasan tidak adanya gerai makanan cepat saji tersebut di negara ini.

3. Kepulauan Bermuda

Tahun 1996, Mc Donald pernah ada di Kepulauan Bermuda. Namun, di tahun 1999 masyarakat Bermuda melakukan protes. Mereka menolak adanya Mc Donald dan semua bentuk usaha waralaba asing.

4. Korea Utara

realityparadigm.wordpress.com

Kalau di negara ini, sesuatu yang aneh adalah hal lumrah. Kim Jong Un melarang berdirinya Mc Donald di tanah kekuasaannya. Ia dikabarkan memang tidak suka hal-hal yang berbau Amerika.

5. Bolivia

Perusahaan makanan cepat saji raksasa ini terpaksa tidak bisa membuka gerainya di Bolivia. Pasalnya, masyarakat Bolivia tidak menyukai makanan cepat saji karena tidak sehat. Ya, jadinya gerai Mc Donald yang pernah berdiri di sana akhirnya bangkrut.

6. ZImbabwe

Di tahun 2010, Mc Donald pernah dibuka di Zimbabwe. Namun, gerai tersebut tutup dan hingga kini belum juga beroperasi.

7. Montenegro

 

Pemerintah Montenegro sangat memperhatikan kesehatan masyarakatnya. Buktinya, pemerintah Montenegro melarang dibukanya gerai Mc Donald dengan alasan agar masyarakatMontenegro tidak terganggu kesehatannya karena makanan cepat saji.

8. Kazakhstan

Soal penolakan Mc Donald, nggak lengkap jika tidak menyebut Kazakhstan. Kazakhstan bisa dikatakan menjadi negara yang pertama kali menolak dibukanya restoran cepat saji ini. Akan tetapi negara ini kini sudah memiliki gerai pertamanya pada tahun 2016 silam, yang bertempat di sebuah pusat perbelanjaan di Ibu Kota Kazakhstan, Astana.

9. Ghana

mgafrica.com

Ghana adalah salah satu negara miskin di dunia ini. Hal ini mengurungkan niat Mc Donald untuk mendirikan gerainya di negara ini. Alasannya sih karena perusahaan cepat saji ternama ini menganggap penduduk Ghana tidak akan mampu membeli makanan yang ada di Mc Donald.

 

10. Myanmar

 

Myanmar, sama halnya dengan Kepulauan Bermuda, menolak berdirinya waralaba asing. Dengan begitu, otomatis Mc Donald tidak ada di Myanmar.

Alasannya ada-ada aja ya? Nah, kalau kalian berkunjung ke negara-negara tersebut jangan coba cari Mc Donald ya? Mustahil ditemukan! Tapi sebenarnya kebijakanbeberapa negara di atas untuk menolak dibukanya gerai restoran cepat saji di tanah mereka ini cukup arif lho. Karena memang keberadaan restoran cepat saji ini terbukti dapat merusak pola makan masyarakat dan menyebabkan obesitas. Jadi masalah baru, kan?

Bagi kita yang hidup di Indonesia, kita memang selalu bisa menemukan gerai makanan cepat saji di mana-mana. Tapi kita perlu ingat juga ya untuk tetap menjaga pola makan kita agar kesehatan kita terjaga hingga tua. Jangan sampai karena ketagihan makanan cepat saji lantas kita sampai obesitas dan terkena berbagai komplikasi lainnya. Tetap hidup sehat dan seimbang ya!

Written by 

Related posts

Leave a Comment