Search

Nostalgia Masa Lalu Ragnarok M Eternal Love, Akankah ‘Disulap’ Menjadi Esport?

Nostalgia Masa Lalu Ragnarok M Eternal Love, Akankah ‘Disulap’ Menjadi Esport? – Game yang dikemas dengan embel-embel classic dan terjual laris manis bak kacang goreng. Nostalgia rupanya masih menjadi fenomena menarik untuk dijadikan lahan mata pencaharian, terbukti banyak game yang dikemas dengan embel-embel classic dan terjual laris manis bak kacang goreng. Tidak terkecuali Ragnarok M Eternal Love, bagaimana potensi esport Ragnarok Mobile?

Kalau kita bicara soal esport Ragnarok Mobile Eternal Love, sudah jelas Ragnarok PC terlebih dahulu menjadi pelopornya. Mungkin dulu belum disebut sebagai esport, karena memang terminologi ini baru berkembang beberapa tahun belakangan.

Namun fenomena RIC atai Ragnarok Indonsia Championship milik Lyto tidak boleh kita anggap remeh. Banyak orang yang berlomba-lomba membuktikan diri sebagai yang terbaik dalam ajang ini. Selain menawarkan hadiah yang cukup menggiurkan jelas ajang ini menjadi ajang pencapaian tertinggi dalam bermain ragnarok.

Kalau bicara soal hadiah sendiri, sebenarnya uang yang di hadiahkan terbilang tidak seberapa. Namun apa yang membuat turnamen ini menarik dulu? Menurut pengalaman sang penulis yang juga pernah berpartisipasi dalam laga RIC, hadiah yang paling menarik bagi sang juara adalah.

Kesempatan untuk memilih satu kartu monster, apapun itu sebagai salah satu trophy hadiah. (Skenario ini hanya bisa dibayangka oleh para pemain veteran Ragnarok) Bayangkan jika kalian meminta kartu semacam Ghostring atau Golden Thief Bug.

Jelas kalian akan menjadi yang paling imba di server yang kalian mainkan. Sedikit saja nostalgia tentang bagaimana serunya “esport” di Ragnarok PC 2003 silam. Sekarang kita menilik tentang Ragnarok Mobile Eternal Love, tentang bagaimana sih potensi esport yang dipunya game handphone yang satu ini.

Kalau bicara soal konten bisa kita bilang, hampir mirip. Kalau diproyeksikan sebagai angka, sekitar 70 persen mendekati. Lalu bagaimana potensi esport yang dimiliki oleh game so called classic kita yang satu ini?

Kalo kita tilik dan sedikit mengintip versi china dari Ragnarok M Eternal Love, ada banyak aspek serta konten yang mendukung game ini menjadi game esport layaknya versi PCnya.

Jumlah Pemain

Faktor utama dari esport adalah ada atau tidaknya komunitas yang menjadi hal paling utama, sudah jelas kalau Ragnarok ini memiliki komunitas veteran yang kuat. Meski game ini sudah terbilang uzur dan dimakan jaman, tapi nyatanya embel-embel classic juga mampu menyihir para pemain muda.

Ragnarok M Eternal Love sendiri, sanggup menarik perhatian baik para kaum tua atau generasi 90’an yang sudah khatam akan game ini juga generasi milenial atau yang lahir pada 2000an.

Jadi sudah jelas dengan adanya komunitas yang kuat seperti ini, bukan tidak mungkin kalau esport mobile untuk ragnarok bakal ada dikemudian hari.

Game Kompetitif

Tujuan akhir dari setiap game MMORPG adalah, merajai arena PvP atau Player versus Player. Di mana kalian sebagai pemain, karakter kalian akan saling baku hantam dengan karakter milik pemain lain.

Terdengar konyol memang, tapi ada keseruan dibalik baku hantam dengan player lain. Nah fitur atau elemen inilah yang bisa dijadikan ajang esport. Karena kita tahu sendiri bagaimana keseruan RIC dan juga RWC yang sering kita lihat dari tahun ke tahun.

Bukan tidak mungkin dengan adanya fitur WoE serta WoC, akan menjadi magnet tambahan untuk menarik para pecinta PvP.

Ada Turnamen yang Jelas

Untuk poin ketiga ini sebenarnya penulis sendiri masih agak ragu, karena kalau bicara soal RO pc atau Ragnarok satu, sudah jelas ada Lyto sebagai badan resmi yang menaungi setiap turnamen tahunan dari Ragnarok.

Dari Bigcat Project sendiri selaku publisher dari Ragnarok M Eternal Love, masih belum ada gelagat untuk setidaknya mengadakan press conference seperti yang dilakukan Dragon Nest Mobile untuk memberitahukan apa agenda mereka kedepannya.

Jadi kita tunggu saja dahulu, langkah apa yang selanjutnya diambil oleh Bigcat Project.

Nah itu tadi merupakan tiga alasan, bahwa dengan bimbingan yang tepat Ragnarok Mobile Eternal Love, bisa kita jadikan esport yang cukup seru. Layaknya pendahulunya Ragnarok 1 di PC, RIC serta RWC akan berjalan sangat menarik.

Bagaimana menurut pendapat kalian tentang hal ini? Tuliskan pada kolom komentar. Serta jangan lupa untu share artikel ini serta tag teman seperjuangan kalian dulu di Ragnarok PC. Ayo kita rasakan serunya berpetualang di Rune Midgard!

SUMBER ASLI

Written by 

Related posts

Leave a Comment