Search

Pasangan Calon Harus Mampu Ciptakan Suasana Damai Dalam Pilkada Serentak

BABEBOLA, JAKARTA – Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio ‎menilai potensi konflik yang terjadi dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak senantiasa dapat dihindari.

‎Menurutnya, para pasangan calon yang bakal bertarung dalam kontestasi Pilkada dapat meredam para pendukungnya agar tidak melakukan hal-hal negatif pada saat sebelum, hari H, dan sesudah pencoblosan.

 “Kontestasi Pilkada itu bintangnya adalah kandidat. Kandidat bisa mengontrol pendukung di bawahnya,” kata Hendri dalam sebuah diskusi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Senin (27/11/2017).

Hendri menuturkan, aparat keamanan dalam hal ini kepolisian dapat melakukan koordinasi dengan para kandidat untuk senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban dalam Pilkada serentak.

Dikatakannya, koordinasi tersebut penting dilakukan agar para pasangan calon juga dapat menularkan mental‎ positif kepada pendukungnya.

“Polri sudah berpengalaman selama bertahun-tahun‎, saya yakin konflik ini bisa dipetakan. Polri juga bisa jalin komunikasi dengan kandidat supaya mereka bisa ngontrol,” katanya.

 

 

sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment