Search

Pasukan Filipina Sebut WNI Simpatisan ISIS Sudah Ditahan di Manila

BabeBola.com – Angkatan Bersenjata Filipina (AFP) mengatakan WNI simpatisan ISIS yang ditangkap di Marawi sudah ditahan di Manila, Filipina.

Kepala kepolisian Lanao del Sur, Joel Guyguyon, mengatakan WNI tersebut ditangkap Rabu (1/11/2017) dini hari, saat hendak melarikan diri dari sebuah distrik di kota tersebut.

Guyguyon mengatakan bahwa WNI tersebut bernama Muhammad Ilham Syaputra (23), seorang simpatisan ISIS asal Medan, Sumatera Utara.

Wakil Komandan Pasukan Khusus Gabungan Ranao, Kolonel Romeo Brawner, Kamis (2/11/2017), mengatakan Syaputra kini ditahan di Camp Crame, Quezon City.

“(Syaputra) sekarang ditahan oleh Kepolisian Nasional Filipina (PNP). Seharusnya PNP sudah mengajukan kasusnya ke pengadilan. Tapi saya belum tahu pasti,” jelas Brawner.

Dikatakan Syaputra tengah menjalani pemeriksaan resmi yang dilakukan oleh PNP.

Syaputra akan didakwa atas pelanggaran terhadap beberapa pasal undang-undang terkait aksi pemberontakan, penggunaan senjata api dan alat peledak, serta hukum kemanusiaan internasional.

Menurut juru bicara AFP, Kolonel Restituto Padilla Jr, Syaputra merupakan teroris yang bergabung dengan kelompok Maute.

“Dia ditangkap karena tidak lancar berbahasa lokal Maranao. Dia juga terlihat kelaparan dan dicurigai merencanakan sesuatu untuk melarikan diri,” kata Padilla.

Syaputra memang mengaku bahwa dirinya sudah berada di Filipina sejak November 2016 untuk bergabung dalam upaya penyerbuan di Marawi.

Guyguyon mengatakan Syaputra sempat diajak oleh Isnilon Hapilon (pemimpin Abu Sayyaf dan komandan ISIS di Filipina) untuk berpartisipasi dalam pergerakan mereka di Filipina.

Hapilon sudah dilaporkan tewas dalam sebuah serangan pada 16 Oktober.

Dalam penangkapan tersebut, polisi menyita sejumlah benda, yang termasuk di antaranya sebuah pistol kaliber .45 dan granat.

Didapati pula sebuah ponsel, perhiasan, paspor Indonesia, serta sejumlah uang dalam peso Filipina, riyal Arab Saudi, dan rupiah.

 

 

 

 

 

SUMBER

Written by 

Related posts

Leave a Comment