Search

Pemain Mesir yang Sering Disamakan dengan Lionel Messi

BABEBOLA.COM – Nama-nama pesepakbola seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo memang sering disebut-sebut sebagai pesepakbola terbaik sedunia. Nggak salah, mereka memang bermain seperti layaknya “bukan manusia”.

Gol demi gol mereka cetak, umpan demi umpan mereka “manjakan”, gocekan demi gocekan mereka torehkan dan piala-piala bergengsi dalam olahraga sepak bola mereka dapatkan.

Nggak jarang mereka disebut-sebut sebagai alien karena bermain sepak bola sangat bagus dan jago sekali.

Namun masyarakat tentu saja membutuhkan nama baru, nggak cuma Messi dan Ronaldo saja. Dan nampaknya, kini ada pemain bola asal Mesir yang digadang-gadang sebagai pesepakbola yang bisa menjadi salah satu pesepakbola terbaik selanjutnya.

 

 

Ia adalah Mohamed Salah, yang memiliki panggilan “Mo” dari rekan-rekan setimnya di Liverpool FC.

Kini, ia merupakan pesepakbola dengan gol terbanyak di 5 liga elit Eropa, mengalahkan Messi, Ronaldo, Harry Kane, Edinson Cavani hingga Robert Lewandowski.

 

 

Mo Salah sudah mencetak 28 gol di Liga Inggris. Ini adalah musim pertamanya bersama Liverpool. Kalian bisa ngebayangin, nggak, kalau dia sudah 2 atau 3 musim bersama The Reds? Pasti torehan golnya semakin meningkat.

Mungkin ada diantara kalian yang masih belum mengenal Salah sebagai pesepakbola. Maka dari itu, HAI ingin ngasih tau sama kalian 7 fakta tentang sang pahlawan dari Mesir itu.

1. Mohamed Salah lahir pada 15 Juni tahun 1992 di Basyoun, sebuah kota di utara Kairo, Mesir. Ia sangat mengikuti sepak bola Eropa ketika dirinya masih kecil. Idolanya adalah Zinedine Zidane dan Luis Figo.

2. Ia memulai kariernya di klub bernama El Mokawloon. Bahkan, ia pernah diposisikan sebagai seorang bek sampai akhirnya ia dipercaya untuk berkelana di lini depan.

Terdapat cerita unik di balik masa mudanya. Ia pernah menangis dikala timnya menang 4-0. Mengapa? Karena dia tidak berhasil mencetak gol. 

Ketika sang pelatih sadar kalau Salah sangat ingin bermain di lini depan, akhirnya ia dipindahkan menjadi seorang pemain menyerang, dan kariernya sejak saat itu melejit.

3. Kariernya di Mesir menanjak pada Maret 2010 ketika ia dipromosikan ke tim utama El Mokawloon. Pada tahun 2011-2012, ia menjadi starter terus-menerus.

Pada tahun 2012, kariernya di Eropa terbuka ketika Mesir menjamu tim asal Swis, Basel FC. Salah mencetak 2 gol kala itu, dan sebulan kemudian, Basel mengontraknya selama 4 tahun.

4. Ia menjadi starter penting di kubu Basel yang pada musim 2012-2013 menjuarai liga domestik. Salah dianggap sebagai Pemain Paling Berharga di Swis Super League dan ia juga memenangkan penghargaan Swis Golden Player.

5. Dari Basel, Salah dilirik oleh Chelsea, karena dirinya mencetak dua gol ke gawang The Blues. Namun, di Chelsea, ia tidak terlalu bersinar, walau berhasil mencetak beberapa gol.

6. Pada Januari 2015, Salah pindah ke Fiorentina, berstatus sebagai pemain pinajaman. Dampak dari Salah di Serie A langsung terlihat. Ia berhasil mencetak 9 gol dalam 26 pertandingan. 

7. Untuk negaranya, Salah berhasil mencetak 21 gol dari 37 pertandingan. 

8. Dalam kehidupan pribadinya, Salah telah menikah pada tahun 2013, bersama kekasihnya bernama Magi. 

Ia mengundang seluruh orang di kampung halamannya untuk datang ke pernikahannya itu.

Ribuan orang datang ke pesta pernikahannya, termasuk seorang penyanyi terkenal dari Mesir.

9. Salah merupakan Muslim yang taat. Setiap kali mencetak gol, ia selalu bersujud syukur untuk menunjukkan rasa syukurnya kepada Tuhan yang Maha Esa.

Hal itu juga terbukti dari dirinya yang menamai sang buah hati dengan nama Makka. Makka sendiri terinspirasi dari Mekah, tempat suci bagi umat Muslim.

10. Salah seringkali disebut sebagai pemain tercepat di Liga Inggris. Sebagaimana yang diberitakan oleh Sportskeeda, Salah bisa berlari hingga 20,7 km/jam! 

Written by 

Related posts

Leave a Comment