Search

Pemasangan Jembatan Baja Japek Elevated Dihentikan

BABEBOLA– PT Jasa Marga menunda pemasangan steel box girder (jembatan baja berbentuk kotak berongga) dalam proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated di KM 46+200, Karawang Barat, Bekasi, Jawa Barat, Senin 30 Oktober 2017. Penundaan ini dilakukan sampai menemukan standar keamanan yang ideal.

“Pemasanganya kita tunda sementara sampai kami temukan cara ideal untuk memasang steel box girder,” ujar Kepala Humas Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek, Handoyono di Bekasi, Rabu (1/11/2017).

Menurut Handoyono, pihaknya sedang menentukan metode pemasangan steel box girder ini. Sebab selama pemasangan, kata dia, tidak boleh ada aktivitas lalu lintas di bagian bawahnya.

Berdasarkan kajian awal, durasi pemasangan konstruksi ini mencapai 30 menit. Atas dasar itu, Jasa Marga melakukan kajian ulang untuk menemukan durasi yang lebih singkat sekitar 10 menit-20 menit.

Deputi General Manager Traffic Management cabang Jakarta-Cikampek, Cece Kosasih menambahkan, meski pekerja menunda pemasangan steel box girder, namun proyek Jakarta-Cikampek Elevated tetap berjalan. Pekerja, masih melakukan tugasnya di median jalan ruas Tol Jakarta-Cikampek.

“Pengerjaan di median jalan tetap dikerjakan petugas, hanya pemasangan steel box girder yang ditunda sementara,” tambahnya.

Menurut dia, kajian yang dilakukan oleh Jasa Marga juga untuk memastikan keamanan dalam proses pemasangan konstruksi.

Sehingga, kata dia, jangan sampai kasus ambruknya jembatan beton di ruas Tol Pasuruan-Probolinggo, Jawa Timur pada Minggu 29 Oktober 2017 terulang.

“Mengingat beberapa hal tadi, kita harus melakukan kajian dulu untuk memastikan bahwa pemasangan itu dilakukan secara aman,” katanya.

 

 

 

 

 

SUMBER:

Written by 

Related posts

Leave a Comment