Search

Pengacara Setya Novanto: Jangan Anggap KPK Bisa Kesampingkan Semua UU

BabeBola.com Kuasa hukum Setya Novanto, Fredrich Yunadi menegaskan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak dapat mengesampingkan semua Undang-Undang (UU) apalagi UUD 1945.

Menurutnya, UUD 1945 memiliki tingkatan lebih tinggi dibandingkan dengan UU Tipikor.

“Jadi jangan anggap KPK bisa mengesampingkan semua UU, tidak benar. UU Tipikor kan jauh di bawah UUD, lihat hirarki UUD,” tegas Fredrich di Gedung MK, Jakarta, Senin (13/11/2017).

Fredrich menuturkan, ‎kalau kita masih berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), tidak seharusnya mengesampingkan UUD 1945.

Apabila ada pihak yang melawan UUD 1945 maka dapat dikategorikan makar terhadap negara.

‎”UU Tipikor bisa kesampingkan UUD nggak? Kalau kita mengaku WNI, tidak ada orang yang bisa melawan (UUD) atau (disebut) inkonstitusional. Barang siapa inkonstitusional maka dikategorikan makar terhadap NKRI,” tuturnya.

Diberitakan, kuasa hukum Novanto r‎esmi mengajukan uji materi ‎Pasal 46 ayat 1 dan ayat 2 UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak‎ Pidana Korupsi terkait hak dari tersangka terhadap UUD 1945‎ ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Selain itu, pihaknya juga mengajukan ‎uji materi terhadap Pasal 12 ayat (1) huruf b Undang Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi terkait pelarangan seseorang ke luar negeri‎.

 

 

 

 

 

SUMBER

Written by 

Related posts

Leave a Comment