Search

Pengganti Setya Novanto Sebagai Ketua DPR Jangan Orang yang Terlibat Dalam Pansus KPK

BABEBOLA – Pengamat Politik Ray Rangkuti menilai pergantian ketua DPR Setya Novanto sudah semestinya dilakukan dan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memutuskan hal tersebut.

Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) menurut Ray Rangkuti sudah seharusnya segera menyelenggarakan sidang etik untuk memastikan adanya pemberhentian jabatan pimpinan DPR.

Sekalipun belum ke arah pemberhentian keanggotaan DPR.

Mestinya hal tersebut tak terlalu sulit bagi MKD.

Selain itu, menurutnya wacana penggantinya tetap dari fraksi Golkar tidak masalah.

Hanya saja, kiranya Golkar dapat sepenuh hati untuk mempertimbangkan calon yang mereka dorong ke kursi pimpinan DPR.

Menurutnya ada beberapa hal yang perlu dipikirkan, yakni pimpinan DPR dari Golkar sejatinya merupakan satu ikon dalam rangka memperbaiki nama baik Golkar di hadapan masyarakat.

Karena itu, calon pengganti Setya Novanto sebaiknya orang yang benar-benar bersih dari kasus, khususnya terkait tindak pidana korupsi.

“Baik yang dilakukan masa lalu ataulun dalam beberapa waktu berselang,” ujar Ray Rangkuti kepada Tribunnews.com, Rabu (6/12/2017).

Selain itu, Ketua DPR ke depan jangan sampai terjerat kasus pidana, khususnya korupsi.

Ray pun mengatakan mereka yang terlibat di pansus KPK sebaiknya tidak didorong menjadi calon pimpinan DPR mewakili fraksi Golkar.

“Nama baik Golkar, sedikit banyak, jatuh karena selain banyaknya kader yang ditetapkan tersangka kasus korupsi, pun karena dalamnya keterlibatan fraksi Golkar di pansus KPK,” jelasnya.

Persepsi publik bahwa pansus ini dibuat semata untuk melindungi anggota dewan dari kaitan kasus e-KTP sulit untuk ditepis.

Maka menunjuk calon pimpinan DPR dari fraksi Golkar dari kalangan anggota pansus hanya akan makin menguatkan persepsi publik tersebut.

Hal ini tidak akan banyak membantu nama baik Golkar di mata masyarakat.

“Padahal, sejatinya, apapun sekarang yang dilakukan Golkar, sebaiknya hal itu terkait dengan pemulihan nama baik Golkar dan elektabilitas mereka,” kata Ray.

 

 

 

 

 

SUMBER

Written by 

Related posts

Leave a Comment