Search

Perbedaan iPhone 6 dan 6s dan Spesifikasi Unggulannya, Lebih Canggih Mana?

BABEBOLA, Jakarta Saat ini siapa yang tak tahu iPhone? iPhone merupakan salah satu smartphone yang banyak diminati oleh masyarakat. Produk keluaran Apple ini terus menggempur pasar smartphone dengan beragam inovasi menarik serta teknologi yang serba canggih. 

Sejak peluncurannya pada tahun 2007 silam, Apple telah menghadirkan belasan generasi baru dari iPhone dengan sederet inovasi yang menggebrak pasar ponsel dunia. Inovasi itu berupa desain, fitur, hingga ukuran layar. Berbagai inovasi inilah yang akhirnya membuat iPhone jadi trendsetter di industri smartphone.

Di antara ponsel keluaran Apple, iPhone 6 dan iPhone 6s saat ini tengah diburu para pengguna gadget. Kedua ponsel besutan perusahaan teknologi berbasis di Cupertino ini memang bukan ponsel baru lagi. Mengingat kedua smartphone ini dirilis pada September 2014 dan September 2015 silam. Namun, iPhone 6 dan iPhone 6S masih tetap menjadi primadona. 

Menariknya, meski hadir sebagai satu seri, iPhone 6 dan iPhone 6s tidak serta merta sama persis. Pasalnya, terdapat perbedaan iphone 6 dan 6s. Spesifikasi antara iPhone 6 dan 6S memiliki perbedaan yang lumayan jauh.

Meski memiliki desain yang sama, peningkatan fitur dan beberapa perbaikan membuat perbedaan iphone 6 dan 6s cukup terasa. Perbedaan iphone 6 dan 6s ini sangat penting untuk diketahui jika Anda ingin memiliki perangkat tersebut. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber perbedaan iphone 6 dan65s dari segi fisik sampai spesifikasinya.

Desain

Dari segi desain, perbedaan iPhone 6 dan 6s akan sangat sulit dibedakan. Desain fisik yang ada pada iPhone 6 dan iphone 6s memiliki bentuk yang stylish dan berkelas. Kesan mewah pada ponsel ini tercermin dari perangkat bodinya.

Perbedaan iPhone 6 dan 6s bisa dirasakan saat menggenggamnya. iPhone 6 hadir dengan ukuran 138.1 x 67 mm dengan ketebalan 9.7 mm dan berat 129 gram. Sementara iPhone 6s memiliki dimensi 138.3 x 67.1 dengan ketebalan 7,1 mm dan berat 143 gram. 

Sementara pada bagian layarnya tidak ada perbedaan iPhone 6 dan 6s yang sangat berarti. Keduanya dilengkapi dengan tipe layar LED Backlit IPS LCD Capacitive Touchscreen yang dapat menghasilkan 16 juta warna. Ukuran layarnya sendiri 4.7 inci. Hanya saja iPhone 6s memiliki fitur 3D touch. 

Fitur 3D Touch awalnya digunakan pada Apple Watch. Fitur ini membuat layar smartphone dapat merespon sentuhan dengan tingkat tekanan yang berbeda. Pengguna bisa menyentuh, menekan pelan, atau menekan kencang layarnya untuk menjalankan fungsi yang berbeda, terasa lebih efektif dan efisien. 

Perbedaan iPhone 6 dan 6s dari tampilan luarnya bisa dilihat pada casing bagian belakangnya. Jika diperhatikan dengan seksama terdapat perbedaan tulisan di bagian belakangnya. Pada iphone 6 tertulis iPhone. Sementara pada iPhone 6s terdapat tulisan iPhone S dengan tambahan huruf s dengan kotak kecil.

Perbedaan iPhone 6 dan 6s lainnya terdapat pada varian warna yang diluncurkan. Pilihan warna iPhone 6 ada tiga, yakni Space Grey, silver dan gold. Sementara iPhone 6s hadir dengan warna space grey, silver, gold dan Rose gold.

Prosesor

Perbedaan iPhone 6 dan 6s yang paling mencolok terletak pada dapur pacunya. IPhone 6 dibekali dengan iOS 8 dengan chipset A8 64-bit dualcore 1,4 GHz kemudian graphic card nya adalah powervr gx6450. Sedangkan iPhone 6S berjalan pada iOS 9 dengan chipset prosesor A9 64-bit dual core 1,84 GHz dan menggunakan GPU PowerVR gt7600. 

Apple sendiri mengklaim bahwa Apple A9 punya kecepatan 70 persen lebih baik dibanding Apple A8. Apple juga mengatakan performa Apple A9 bisa disejajarkan dengan prosesor sekelas desktop PC. Perbedaan chipset pada iphone 6 dan 6s ini tentu saja akan membawa dampak besar bagi kinerja ponsel.

Tak hanya itu, perbedaan iPhone 6 dan 6s juga terletak pada RAM yang dibawa keduanya. IPhone 6 hanya memiliki RAM 1GB sedangkan pada 6S disematkan RAM 2GB.

Menengok spesifikasi iPhone 6 dan 6s, performa kedua ponsel ini pun cukup berbeda. Dari segi performa iPhone 6s lebih unggul dari iPhone 6.

Kamera

Pada sektor fotografi, perbedaan iPhone 6 dan 6s juga cukup mencolok. Keduanya membawa resolusi kamera yang sangat jauh berbeda. Bagaimana tidak, iPhone 6 hanya dibekali kamera utama beresolusi 8MP dengan aperture f/2.2 dan lensa 29mm sementara kamera depannya sebesar 1,2 MP.

Sementara kamera iPhone 6s ditingkatkan menjadi 12 MP serta dilengkapi dengan lensa aperture f/2.2, 5-element lens, True Tone flash yang dapat merekam video dengan resolusi 4K. Kamera depan iPhone 6s naik dengan ketajaman yakni sebesar 5MP.

Fitur iPhone 6 juga hampir sama dengan iPhone 6S hanya saja iPhone 6 tidak ada Live Photo. iPhone 6S dilengkapi dengan fitur Live Photos, dimana pengguna dapat menyimpan beberapa foto sebagai gambar bergerak lengkap dengan suara, mirip dengan video atau gambar format .gif. selain itu ada Photo, video, slo-mo, square, dan panorama. 

Perbedaan iPhone 6 dan 6s pada teknologi kamera ini juga menghasilkan kualitas video yang berbeda. iPhone 6 menawarkan video beresolusi 1080p@60fps, 720p@240fps. Sementara iPhone 6s bisa menghasilkan video beresolusi 2160p@30fps, 1080p@60fps, 1080p@120fps, 720p@240fps.

Baterai

Perbedaan iPhone 6 dan 6s selanjutnya bisa dilihat pada sektor daya. iPhone 6 dibekali dengan baterai bertipe Non-removable Li-Po berkapasitas 1810 mAh. Sementara itu kapasitas baterai iPhone 6s justru mengalami penurunan yakni menjadi 1715 mAh.

Fitur pendukung

Dari segi fitur pendukung juga terdapat Perbedaan iPhone 6 dan 6s. Dari sektor konektivitas misalnya. iPhone 6s memiliki dukungan internet lebih cepat dari generasi sebelumnya. Dengan teknologi LTE yang lebih “advance” mendukung Band 23 LTE, iPhone 6s memberikan kecepatan sampai dengan dua kali lipat. Bukan hanya LTE, koneksi wi-fi juga menjadi dua kali lebih cepat pada iPhone 6s.

 

 

SUMBER

Written by 

Related posts

Leave a Comment