Search

Perhatikan Sebelum Membeli Smartphone

BABEBOLA.COM– Bagi sebagian orang membeli smartphone di tahun 2018 amatlah sulit dan membingungkan. Sulit dan bingung karena ada begitu banyak pilihan smartphone di pasar. Dan banyak produsen yang menawarkan smartphone dengan harga dan spesifikasi yang menggiurkan.

Dengan keadaan tersebut para pembelipun harus sedikit memutar otak untuk memutuskan smartphone mana yang harus mereka beli. Tapi tenang saja, karena kali ini Jaka akan membeli tips membeli smartphone baru di tahun 2018 ini.

Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Membeli Smartphone di Tahun 2018

1. Memiliki Layar Dengan Aspek Rasio 18:9

1

Sumber foto: Sumber: hardwarezone.com.sg

Layar smartphone dengan aspek rasio 18:9 merupakan tren smartphone di tahun ini. Walaupun terlihat lebih luas, tetapi ukuran layar tersebut tidak memengaruhi kinerja dari smartphone itu sendiri. Justru dengan aspek rasio yang lebih luas akan menambah nilai estetika smartphone.

Perlu kamu tahu, saat ini smartphone dengan layar 18:9 memiliki nilai jual sangat tinggi, baik itu dari pasar global maupun pasar lokal. Masih bingung pilih smartphone 18:9 yang bagus? Kamu bisa lihat artikel satu ini, 5 Smartphone Murah dengan Rasio Layar 18:9 Harga Mulai 1 Jutaan.

2. Kapasitas Baterai Minimal 3.000 mAh

2

Sumber foto: Sumber: mobilefun.co.uk

Dari tahun ke tahun, kebutuhan pengguna smartphone semakin meningkat dan hal tersebut harus diikuti oleh ketahanan baterai yang semakin baik. Begitu juga pada tahun 2018 ini, perkembangan aplikasi terutama game di tahun ini sungguh luar biasa.

Ada begitu banyak game yang tadinya hanya tersedia di PC, namun sekarang sudah tersedia di versi Android seperti GTA San Andreas, MOBA, Point Blank, PUBG dan masih banyak lagi. Memilih smartphone dengan baterai sebesar 3.000 mAh keatas tentu akan meningkatkan pengalamanmu saat bermain game.

3. Memiliki Fitur Dual Kamera

3

Sumber foto: Sumber: androidpit.com

Sama seperti layar dengan aspek rasio 18:9, layar no bezel, fitur dual kamera pada smartphone merupakan standar baru di tahun 2018. Perlu kamu ketahui di sini, dual kamera yang ada di smartphone tidak bisa digunakan secara bersamaan dan menghasilkan 1 gambar, Tidak!

Biasanya dual kamera di smartphone memiliki fungsinya masing-masing. Di mana 1 kamera berfungsi sebagai kamera Telephoto (foto jarak jauh) dan satunya berfungsi sebagai kamera Wide (foto yang memiliki dimensi lebih luas).

4. Memiliki Minimal 64GB Internal Storage

4

Sumber foto: Sumber: androidcentral.com

Hampir sama seperti poin ke-2, kebutuhan akan memori di tahun 2018 ini sangat dibutuhkan. Selain menyimpan data pribadi, memori internal juga berfungsi untuk menyimpan data aplikasi dan game yang kian hari semakin besar saja. Memang betul, beberapa produsen smartphone memiliki opsi untuk memindah data aplikasi ke memori eksternal.

Tetapi fitur tersebut terasa kurang efektif, karena hanya sedikit data saja yang dipindah ke memori eksternal dan data utama masih berada di memori internal. Dengan memilih memori internal sebesar 64GB setidaknya kamu akan mendapatkan ruang sebesar 40GB untuk data aplikasi dan data pribadi.

5. Layar Dengan Resolusi 1080p (Full HD) atau Lebih

5

Sumber foto: Sumber: androidcentral.com

Layar dengan resolusi 720p (HD) merupakan standar layar masa lalu. Mau tidak mau, perkembangan teknologi memaksa kita untuk memilih jenis layar yang lebih baik, ya setidaknya memenuhi standar yaitu 1080p (Full HD).

Selain mengikuti tren, smartphone dengan layar 1080p mempunyai pengalaman visual tersendiri. Gambar yang disajikan jauh lebih jernih dibanding resolusi 720p. Namun, kita tidak tahu kapan standar ini akan bertahan mengingat saat ini sudah banyak smartphone yang menawarkan resolusi 2K [(2960 X 1440) Galaxy S9].

6. RAM 4 GB Lebih Baik

6

Sumber foto: Sumber: techhive.com

Dengan munculnya beragam aplikasi yang semakin canggih dan berat, kapasitas RAM yang besar tentu sangat dibutuhkan. Karena RAM menjadi salah satu faktor yang menentukan kecepatan multitasking smartphone, semakin besar maka semakin lancar. Apalagi kalau kamu seorang yang sering memborbardir ponsel dengan beragam aplikasi yang ada.

7. Prosesor Quad-core atau Lebih

7

Sumber foto: Sumber: majordroid.com

Dalam dunia prosesor semakin banyak inti (core), maka semakin cepat dan mulus untuk melakukan multi-tasking. Namun, tidak selamanya jumlah core menentukan kecepatan multi-tasking. Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah versi prosesor itu sendiri.

Pilihlah smartphone dengan prosesor versi terbaru, karena prosesor tersebut pasti memiliki teknologi yang lebih baik daripada prosesor versi lama.

Akhir Kata

Setiap tahun standar smartphone selalu berubah, semakin canggih teknologi yang ada di smartphone maka standarnya pun semakin tinggi. Jadi jangan bosan ya dengan teknologi yang semakin hari semakin canggih, hihi.

 

Sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment