Search

Pesta Jalan Terus, Tapi Kulit Tetap Sehat

BABEBOLA.NET– Kita semua tahu bahwa terlalu banyak berpesta membuat kulit menjadi kusam.

Begadang semalam suntuk karena berpesta, akan berefek negatif pada kulit wajah. Tapi, jangan khawatir, ada beberapa cara untuk meminimalkan dampak buruk itu.

Ahli gizi Cassandra Barns mengungkapkan rahasia kulit wajah tetap sehat meskipun melewatkan semalam penuh tanpa tertidur saat pestaakhir tahun.

“Terlalu banyak alkohol dan makanan manis, ditambah dengan gaya hidup tidak sehat seperti kurang olahraga dan begadang, dapat mengurangi kesehatan kulit. Kulit akan terlihat kusam, kering dan berjerawat,” paparnya.

Untunglah merawat kulit adahal hal sederhana yang tidak memerlukan teknologi canggih seperti membuat roket. Walau begitu ada hal-hal wajib yang harus Anda lakukan agar kulit  selalu segar dan sehat sehingga Anda tidak bergantung pada make up.

Inilah beberapa tips sederhana untuk merawat kesehatan kulit.

1. Gantilah kopi dengan teh hijau

Ilustrasi
Ilustrasi

Ilustrasi(Thinkstockphotos)

Cuaca yang berubah-ubah membuat kulit bekerja lebih keras. Untuk menyeimbangkan suhu, seluruh cadangan air di dalam kulit akan menguap dan membuat kulit menjadi kering.

Konsumsi alkohol juga membuat kulit menjadi kering. Untuk membuang zat-zat beracun yang terkandung dalam alkohol, tubuh mengeluarkan banyak air.

Sementara itu, kita seringkali mengkonsumsi kopi saat merasa lelah usai berpesta. Padahal, kafein dalam kopi juga membuat kulit dehidrasi karena kopi membuat kita ingin pipis.

Jadi, gantilah kopi dengan secangkir teh hijau. Teh hijau bermanfaat sebagai anti oksidan yang berfungsi untuk mencegah penuaan. Selain itu, teh hijau mengandung kafein yang lebih sedikit daripada teh hitam.

2. Perbanyak konsumsi air putih

Ilustrasi air putih
Ilustrasi air putih

Ilustrasi air putih(YSedova)

Dehidrasi akan berdampak buruk pada kulit. Untuk mengatasinya, perbanyaklah konsumsi air putih. Ini adalah langkah sederhana dan efektif.

Cassandra menyarankan agar kita mengkonsumsi 2 liter air putih setiap harinya.

“Anda juga bisa menyeduh teh herbal, air perasan lemon hangat dan jahe segar sebagai selingan,” paparnya.

3. Gantilah camilan dengan kacang

Kacang baik bagi kulit
Kacang baik bagi kulit
Kacang baik bagi kulit

Langkah sederhana lainnya untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan mengkonsumsi kacang-kacangan, seperti kenari, almond, chesnut, dan lainnya.

Anda dapat menyeimbangkan keinginan makan makanan yang manis dengan mengkonsumsi kacang. Selain menyehatkan, kacang juga memiliki kandungan nutrisi, lemak, dan protein yang lebih menyehatkan tubuh.

Makanan ini cocok digunakan sebagai camilan penunda rasa lapar. Walau begitu, sebaiknya tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Pasalnya kalori dalam kacang-kacangan termasuk tinggi.

4. Konsumsilah sayuran

Anda perlu mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang agar tubuh selalu bugar dan penampilan tetap terjaga.

Cassandra mengatakan bahwa sayuran segar sangat penting sebagai penyedia anti oksidan dan vitamin C yang berguna bagi tubuh.

Makanan sehat
Makanan sehat(shironosov)

“Semua kandungan nutrisi pada sayuran berfungsi sebagai pembangun kolagen dan menjaga kulit tetap kenyal,” paparnya.

Cobalah untuk membuat sup atau rebusan sayur untuk konsumsi sehari-hari. Dengan cara ini, Anda tetap dapat menikmati makanan sehat dan praktis tanpa perlu berlama-lama memasaknya.

 

 

 

sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment