Search

Polisi Siapkan Rencana Rekayasa Lalu Lintas di Lokasi Debat Capres

Ditlantas Polda Metro Jaya berencana melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) saat pelaksanaan debat perdana capres-cawapres, Kamis (17/1) besok. Rekayasa lalin dilakukan di sekitar lokasi debat, Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Kepala Bagian Pembinaan Operasional (Kabag Binops) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Sudarmanto mengatakan, rekayasa lalu lintas yang dilakukan bersifat situasional.

“Karena dinamis sifatnya. Lihat situasinya dulu,” ujar Sudarmanto di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (16/1).

Ia menambahkan, rekayasa lalin dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan di sekitar lokasi debat. Pengalihan lalu lintas akan mulai dilakukan di pertigaan Kalibata.

“Nanti arus yang dari Pasar Minggu, apabila di Pancoran itu sudah stagnan, akan kami alihkan ke kanan ke arah traffic light (lampu lalu lintas) Jambul di Jalan Dewi Sartika, maju lagi pertigaan Duren Tiga, apabila lepas dari Kalibata kami belokkan ke kiri, bahasanya bukan penutupan tapi pengalihan,” jelas Sudarmanto.

“Lepas Duren Tiga di (Jalan) Perdatam kami belokkan ke kanan, sehingga tembus Kalibata,” sambungnya.

Arus lalu lintas dari arah Cawang juga akan diatur untuk menghindari potensi kemacetan. 

“Mana kala nanti terjadi sesuatu di Cawang itu, kendaraan yang akan menuju ke Pancoran kami belokkan ke kiri atau kanan. Kiri ke arah Dewi Sartika atau Cililitan, kanan ke arah Senen atau Kampung Melayu,” kata Sudarmanto.

Sedangkan untuk arus lalu lintas dari Manggarai, Jalan Saharjo dibelokkan ke kiri arah Tebet Raya di Jalan Abdullah Syafei.

“Kemudian belok kiri ke Polsek Tebet dan belok kiri lagi setelah Hotel Sofyan. Kemudian, sisi barat, kami lakukan sterilisasi dari Semanggi dan Kuningan,” paparnya.

Dalam debat perdana nanti, tema yang diusung adalah Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme. Dua jurnalis senior, Ira Koesno dan Imam Priyono, didapuk menjadi moderator yang akan memimpin jalannya debat yang terbagi dalam enam segmen. 

Polda Metro Jaya menyiapkan sekitar dua ribu personel gabungan untuk mengamankan pelaksanaan debat perdana tersebut.

Saksikan live streaming Debat Pilpres 2019 di kumparan, Kamis (17/1) mulai pukul 19.30 WIB. kumparan bekerjasama dengan TVRI untuk menayangkan rangkaian Debat Pilpres 2019. Nurhadi, ‘calon presiden Maha Asik’ juga akan meramaikan live streaming Debat Pilpres 2019 di kumparan

Sumber

Written by 

Related posts

Leave a Comment