Search

Potret Kebersamaan Jokowi dengan Para Kandidat Cawapres

BABEBOLA.COM-Menjelang Pemilu Presiden 2019, teka-teki siapa pendamping Joko Widodo masih belum terjawab. Namun berbagai pihak telah menyebut beberapa nama yang digodok, baik berasal dari internal maupun eksternal partai.

Terkait calon-calon wakil presidennya di 2019, Jokowi menegaskan saat ini ia belum memilih. Ia mengatakan, cawapresnya masih digodok oleh partai pendukung dan tim internalnya.

“Ini semua baru dalam proses, pematangan, penggodokan. Mengenai kriteria belum berbicara mengenai siapanya. Jadi ditunggu saja,” kata Jokowi.

Meski demikian, Jokowi kerap terlihat mengabadikan momen bersama dengan kandidat-kandidat cawapresnya itu. Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum kebersamaan Jokowi dengan sejumlah kandidat cawapresnya:

1. M. Romahurmuziy

Nama Ketum PPP itu masuk sebagai salah satu cawapres dari kalangan santri dan muda. Ada beberapa suara yang mengusulkan Jokowi memilih cawapres berlatar belakang santri untuk meredam isu SARA yang diprediksi akan berhembus kencang di 2019.

2. Muhaimin Iskandar

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, sering disapa Cak Imin, menjadi salah satu yang paling agresif melakukan sejumlah manuver demi menjadi cawapres di 2019. Ia mengakui keinginannya untuk menjadi cawapres Jokowi karena masih nyaman berkoalisi dengan PDIP dan partai pengusung lainnya.

3. Zulkifli Hasan

Ketum PAN Zulkifli Hasan mulai safari politik untuk menempati posisi RI-2. Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno tak menampik partainya tengah mendorong Zulkifli Hasan sebagai cawapres Jokowi. Anggota dewan dari Lampung ini dinilai dapat memberikan suara dari luar Jawa, yakni Sumatera.

4. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Nama Ketua Kogasma Demokrat sekaligus putra dari mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut masuk dalam bursa cawapres Jokowi. Saat Indo Barometer menyandingkan nama Jokowi dengan AHY, hasil elektabilitasnya tertinggi yakni 38,6 persen.

5. Airlangga Hartarto

Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto didorong menjadi cawapres Jokowi di 2019. Menanggapi hal ini, Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno menilai wajar karena Golkar memiliki kekuatan politik penting di Tanah Air.

6. Sri Mulyani

Nama Menteri Keuangan Sri Mulyani masuk di bursa cawapres Jokowi. Menurut lembaga survei Indo Barometer, Sri Mulyani menduduki peringkat kelima dengan elektabilitas sebesar 4,1 persen.

7. Moeldoko

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) ini masuk radar cawapres karena dianggap sebagai representasi yang tepat dari kalangan militer. Tak cuma itu, Moeldoko diharapkan dapat membuka jalan baru bagi Jokowi dalam segmentasi kelompok islam yang berbeda melalui jalur partai seperti PPP.

8. Puan Maharani

Sejumlah sumber di internal PDIP mengatakan ada nama putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ini dalam daftar nama cawapres. Puan yang juga Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan tersebut pernah berkiprah di parlemen dan disebut sosok internal paling pas untuk Jokowi.

9. Budi Gunawan

Nama Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan dalam daftar cawapres Jokowi. Ketika dikonfirmasi ke Wasekjen PDIP Andreas Pareira, ia tak membantah maupun mengiyakan. Sementara menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, munculnya nama BG menandakan cermin demokrasi di Indonesia semakin baik.

10. Mahfud MD

Sejumlah parpol dan juga publik juga menggadang-gadang nama untuk cawapres Jokowi. Tak terkecuali nama profesor di bidang hukum, Mahfud MD. Bukan hanya ahli hukum, Mahfud juga punya pengalaman di bidang politik dan memiliki basis pesantren.

 

Sumber: Kumparan.com

Written by 

Related posts

Leave a Comment