Search

Pura-pura Antre Makanan, Bomber Wanita di Nigeria Ledakkan Diri

BABEBOLA– Dua wanita pelaku pembom bunuh diri beraksi di dua lokasi terpisah di Nigeria pada hari Sabtu. Salah satu bomber berpura-pura antre bantuan makanan dan meledakkan diri di kerumunan orang.

Pihak berwenang mengatakan, sekitar 13 orang tewas akibat aksi bom bunuh diri ganda. Pembom bunuh diri pertama beraksi di lokasi antrean bantuan makanan di sebuah pasar yang ramai di Nigeria timur laut.

Sedangkan pembom wanita kedua beraksi di Kota Biu, sekitar 115 mil dari Ibu Kota Negara Bagian Borno, Maiduguri.

”Pembom pertama berpura-pura berada di antrean saat salah satu penerima manfaat menunggu giliran untuk menerima makanan,” kata Mohammed Maliya, petugas yang terlibat dalam penyelamatan para korban.

”Dia begitu santai dan bahkan makan pisang sebelum meledakkan diri,” ujar Maliya, seperti dikutip IB Times, Minggu (3/12/2017).

Insiden bom bunuh diri ganda ini terjadi kurang dari dua minggu setelah lebih dari 50 orang tewas dalam sebuah insiden serupa di sebuah masjid di Mubi, 105 mil sebelah timur Biu.

Meskipun tidak ada kelompok atau pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan pada hari Sabtu, pihak berwenang curiga pada kelompok ekstremis Boko Haram.

Kelompok Boko Haram selama ini kerap menggunakan wanita dan anak-anak yang diculik dan diindoktrinasi, untuk melakukan bom bunuh diri.

Kelompok ekstremis ini disalahkan atas kematian lebih dari 20.000 orang dalam kekerasan delapan tahun terakhir di Nigeria dan negara-negara tetangga. Kekerasan itu telah memicu pengungsian massal dan kelaparan.

Written by 

Related posts

Leave a Comment