Search

Ramuan Lemon dan Jahe Mengecilkan Perut Buncit

Teh dengan madu, jahe, dan lemon

BABEBOLA – Selain tidak enak dipandang mata, perut buncit juga menyimpan banyak risiko masalah kesehatan. Itu sebabnya banyak orang mencari cara untuk menghilangkan tumpukan lemak perutnya.

Larutan air lemon dan jahe telah menjadi resep warisan turun temurun untuk mengecilkan perut buncit. Namun, apakah cara ini memang manjur atau hanya cerita semata?

Perut buncit terjadi ketika lemak terlalu banyak menumpuk di area perut dan sekitar pinggang. Penumpukan lemak perut ini bisa disebabkan oleh pola makan tinggi karbohidrat, kolesterol, dan lemak, peningkatan hormon stres kortisol, hingga kurang olahraga.

Perut buncit juga bisa dipicu oleh konsumsi alkohol berlebihan, sehingga tak heran jika sering disebut dengan beer belly atau perut bir.

Nah, lemon banyak dipakai sebagai salah satu bahan alami penurun berat badan karena dipercaya membantu meningkatkan kerja metabolisme tubuh. Semakin cepat metabolisme, semakin cepat dan banyak simpanan lemak yang dibakar.

Selain itu, lemon memiliki sifat diuretik alami yang bisa membantu membersihkan usus dari tumpukan sisa makanan pemicu sembelit. Logikanya, semakin banyak sisa makanan yang mengeras menumpuk di usus, semakin bobot badan bertambah.

Baca juga : Manfaat Air Lemon yang Jarang Diketahui

Teori lainnya adalah bahwa lemon merupakan sumber makanan yang amat rendah kalori sehingga tidak akan memicu kenaikan berat badan, karena sifat asamnya justru membantu meredam rasa lapar.

Begitu pula dengan jahe. Sebuah artikel di British Journal of Nutrition melaporkan bahwa jahe mampu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol, serta membakar lemak, sehingga membantu mengurangi nafsu makan.

Dr. Len Kravitz dalam artikel Biological and Pharmaceutical Bulletin menyatakan bahwa jahe dapat menekan produksi hormon kortisol.

Written by 

Related posts

Leave a Comment