Search

Ratusan Miras Oplosan Disita Polsek Bantargebang

BABEBOLA Kepolisian Sektor Bantargebang, Kota Bekasi mengamankan ratusan botol minuman keras (miras) berbagai merk dan oplosan di wilayah hukum setempat, Jumat (29/12/2017) petang.

Oleh petugas, ratusan miras itu dibawa ke Mapolsek Bantargebang sebagai barang bukti.

Kapolsek Bantar Gebang Komisaris Siswo mengatakan, dalam operasi itu, polisi menyita 94 bungkus miras oplosan, 179 botol miras dan 44 dus miras berbagai merk.

“Ratusan miras itu kita amankan dari empat toko jamu,” kata Siswo pada Jumat (29/12/2017) malam.

Menurut Siswo, empat toko jamu yang menjadi sasarannya adalah dua di antaranya terletak di Jalan Cipete Raya, satu toko di Jalan Raya Telkom, dan Jalan Pangkalan 2.

Dalam penggerebekan tersebut, pemilik tidak mampu berkelit dan menunjukkan surat izin usaha menjual miras.Meski demikian, pelaku penyebaran miras tidak diamankan polisi karena perbuatannya masuk sebagai kategori tindak pidana ringan (tipiring).

Namun, mereka dijerat Peraturan Daerah (Perda) No 17 Tahun 2009 terkait pengawasan dan peredaran miras di Kota Bekasi.

Dengan begitu, domainnya adalah Satpol PP Kota Bekasi mengingat tipiring diatur oleh Peraturan Daerah (Perda) setempat.

“Berbeda bila pelaku tersebut melakukan tindak pidana usai mengonsumsi miras. Dia akan dijerat Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP),” jelas Siswo.

Siswo menambahkan, pihaknya mengerahkan 13 personel dalam operasi yang berkategori penyakit masyarakat ini.

Seluruh personel, kata dia, disebar di sejumlah titik yang berpotensi adanya peredaran miras.

“Selain hasil pemetaan petugas, operasi ini kita gelar karena adanya laporan masyarakat. Warga resah karena banyak anak muda yang membeli miras secara bebas,” katanya.

Dia mengatakan, mengonsumi miras berdampak buruk terhadap kesehatan.

Bahkan, rawan terjadi aksi kriminal yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Karena itu pihaknya akan terus melakukan pengawasan di wilayah dengan mengoptimalkan patroli rutin.

“Patroli dan pengerahan petugas di titik-titik rawan peredaran miras kami tingkatkan kembali, sehingga peredaran miras ilegal bisa diminimalisir,” ungkapnya.

 

 

 

 

SUMBER

Written by 

Related posts

Leave a Comment