Search

Rayuan Facebook Tak Ampuh, Giliran Bos Apple Goda China

BABEBOLA– China telah  melakukan pemblokiran terhadap layanan WhatsApp, Facebook, Instagram dan beberapa sosial media lainnya, membuat Bos Apple Tim Cook turun tangan

Cook optimistis sejumlah aplikasi komputer yang dilarang berdasarkan UU internet China yang ketat pada akhirnya akan dipulihkan.

Berbicara di sebuah forum bisnis di China selatan, Cook juga menyanggah kecaman yang memprotes penampilannya beberapa hari sebelumnya di sebuah konperensi internet yang mempromosikan pandangan Beijing mengenai sensor internet.

Penampilan Cook hari Minggu di Konferensi Internet Dunia yang diorganisasikan pemerintah China itu mengundang kecaman dari banyak aktivis dan politisi AS. Mereka mengatakan mengatakan Apple seharusnya berbuat lebih banyak untuk melawan pembatasan China dalam hal internet.

Cook mengatakan, ia sangat mendukung kebebasan namun juga beranggapan bahawa perusahaan-perusahaan asing perlu mematuhi peraturan pihak berwenang setempat di mana mereka beroperasi.

Lebih jauh Cook mengatakan, ia tidak perduli dikecam karena bekerjasama dengan China karena ia yakin perubahan mungkin terjadi jika perusahaan-perusahaan beroperasi ketimbang mengambil sikap menghindar dan kemudian berteriak memprotes.

Mark Zuckerberg coba menjalin komunikasi dengan pemerintah China. Bahkan bos Facebook ini pun terus belajar bahasa mandarin untuk dapat berkomunikasi dengan lebih baik dengan para pimpinan Negeri Tirai Bambu tersebut.

Namun sayangnya upaya yang dilakukan Zuckerberg berakhir sia-sia. Dalam hal ini pemerintah China akhirnya tetap “memblokir” WhatsApp. Laporan terbaru menyebutkan bahwa WhatsApp sudah tidak bisa dipakai oleh sebagian besar pengguna di China.

 

Sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment