Search

Sangat Tak Disarankan Ngecas Ponsel saat Motor dalam Keadaan Mati

BabeBola.net  Jakarta, Fitur power outlet yang makin banyak tersedia di motor-motor baru, fungsinya tentu saja untuk isi ulang baterai smartphone Anda.

Tapi tahu kah kapan waktu yang paling tepat untuk charging baterai smartphone di motor?

Diungkapkan Sarwono Edhi, dari Technical Service Division PT Astra Honda Motor, lebih baik menggunakan power outlet saat kondisi motor sedang berjalan.

Ini karena listrik langsung didapat melalui regulator sehingga proses charging lebih optimal dibanding motor hanya keaadan kunci kontak ON namun tidak berjalan yang hanya menarik daya dari aki.

Karena jika charging dalam kondisi mesin motor tidak menyala, misalnya pada All New Honda Scoopy, kondisi akinya dengan spesifikasi MF Battery 12V 5Ah bisa drop.

“Karena fitur power outlet di All New Honda Scoopy untuk darurat saja, bukan sebagai charger biasa seperti charger rumahan,” ungkapnya

“Lagipula tidak ada yang menaruh smartphone saat motor parkir dan kondisi mati kan? Bisa diambil nanti smartphone-nya sama maling” canda pria ramah yang kerap disapa Edhi ini.

Kebetulan, sedang mencoba pada All New Honda Scoopy. Di motor ini, spesifikasinya sendiri mengikuti standar otomotif, yaitu 12 Volt 1 Ampere, jadi aman digunakan dan tidak merusak kelistrikan motor.

Bagaimana cara penggunaanya? Mudah sekali. Cukup colok charger yang biasa digunakan ke lighter mobil, lalu posisikan kunci kontak motor ke ON.

Yang penting charger yang dipakai tidak panjang, karena bisa mentok saat cover konsolnya ditutup.

 

 

 

 

 

SUMBER

Written by 

Related posts

Leave a Comment