Search

Sanksi Ronaldo Relatif Ringan ketimbang Empat Pemain Ini

MADRID – Sanksi larangan lima pertandingan yang dijatuhkan Asosisasi Sepak Bola Spnyol (RFEF) kepada Cristiano Ronaldo dinilai lebih ringan ketimbang beberapa hukuman yang diterima pemain sepak bola lain. Pasalnya, dalam dunia sepak bola setiap pemain yang melakukan tindakan kasar kepada wasit biasanya akan dihukum berat.

Tapi situasi ini berbeda ketika berbicara tentang hukuman yang diterima Ronaldo. RFEF hanya memberikan sanksi berupa larangan tampil di lima laga, dengan rincian empat laga sebagai pelanggaran pasal 96 Kode Disiplin, dimana Ronaldo tertangkap kamera terlihat mendorong wasit.

Sedangkan satu laga tambahan karena kartu merah yang merupakan akumulasi dua kartu kuning. Kartu kuning pertama Ronaldo akibat selebrasi golnya di menit ke-80 dengan membuka jersey. Sedangkan kartu kuning kedua setelah dinilai diving oleh De Burgos saat terjatuh akibat diganggu bek Barcelona Samuel Umtiti di kotak penalti pada menit ke-82.

RFEF memberikan waktu kepada Real Madrid untuk mengajukan banding sampai 10 hari ke depan setelah putusan ini dijatuhkan.
Berikut lima pemain yang menerima hukuman berat:

1.  Eric Cantona (1995) Sembilan bulan
Jimat Manchester United tidak bisa menghindari hukuman berat setelah terbukti bersalah melakukan tendangan kung fu kepada penonton Matthew Simmons setelah dikirim keluar melawan Crystal Palace di Selhurst Park pada 1995.

2. Paolo Di Canio (1998) 11 pertandingan
Setelah diusir saat bermain untuk Sheffield Wednesday melawan Arsenal pada bulan September 1998, striker Italia terbukti bersalah mendorong wasit Paul Alcock

3. Luis Suarez (2010) Tujuh pertandingan
Selama berada di Ajax, Suarez menerima larangan tujuh pertandingan dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) karena menggigit PSV’s Otman Bakkal pada 2010. Setahun kemudian, dia di sanksi larangan delapan pertandingan setelah dituduh melakukan menghina Patrice Evra. 

Dua tahun berselang, Suarez kembali berulang dan menerima 10 pertandingan karena terbukti menggigit Branislav Ivanovic di Stamford Bridge pada bulan April 2013. Pada tahun 2014, pemain berkebangsaan Uruguay mendapatkan sanksi berat dari FIFA selama empat bulan setelah menggigit punggung Giorgio Chiellini di Piala Dunia Brasil. 

4. Joey Barton (2012) 12 pertandingan
Saat melawan mantan klubnya Manchester City, Barton QPR melihat merah karena menyikut Carlos Tevez dan kemudian menyerang Sergio Aguero dan mendekati Vincent Kompany. Akibat ulahnya itu dia dihukum FA selama 12 pertandingan. 

SUMBER : BBC.COM

Written by 

Related posts

Leave a Comment