Search

Satu Kemenangan Lagi, Timnas Futsal Kunci Tiket Semifinal

HO CHI MINH CITY – Modal positif kembali diraih tim nasional futsal Indonesia jelang menghadapi Vietnam di Phu Tho Stadium, Ho Chi Minh City, Sabtu (28/10/2017) hari ini pukul 19.30 WIB. Laga berat ini akan menjadi salah penentu nasib tim Garuda di ajang Piala AFF Futsal 2017.

Indonesia kembali melanjutkan tren positifnya di Piala AFF Futsal 2017. Setelah membantai Filipina dengan skor 21-0, giliran Brunei Darussalam yang menjadi korban keganasan Bambang Bayu Saptaji dkk. Brunei dicukur dengan sembilan gol. Kemenangan ini mengokohkan posisi Indonesia sebagai pemuncak grup A dengan poin sempurna. Butuh satu kemenangan lagi, timnas akan mengunci satu tempat di semifinal sekaligus memenuhi target awal lolos ke putaran final piala AFC futsal 2018.

Namun, lawan Indonesia pada matchday ketiga bukan tim sembarangan. Tim Garuda akan berhadapan dengan Vietnam yang notabene merupakan salah satu raksasa futsal di Asia Tenggara. Pada pertemuan terakhir di ajang SEA Games 2017 Kuala Lumpur lalu, Indonesia dicukur 1-4. Dua tahun sebelumnya, pada event serupa, timnas juga dibantai dengan skor mencolok 5-0.

Meski demikian, pada ajang SEA Games, Indonesia tidak tampil dengan kekuatan terbaiknya. Selain hanya menjalani persiapan selama satu pekan sebelum tampil, mayoritas pemain yang diturunkan belum pernah memperkuat timnas di level internasional. Pemain yang disimpan dan menjalani pemusatan latihan, memang disiapkan pelatih Vic Hermans untuk melakoni Piala AFF Futsal 2017. Kombinasi pemain senior dan junior yang diboyong ke Vietnam membuat tim pelatih berani memasang target lolos ke semifinal sekaligus mengincar gelar juara.

Laga melawan Vietnam hari ini akan sangat menentukan perjalanan timnas di piala AFF. Tambahan tiga poin akan memuluskan target melaju ke fase semifinal sekaligus menjaga asa memboyong trofi juara ke Tanah Air. “Kami siap untuk pertandingan melawan Vietnam. Untuk persiapannya, kelemahan tim utamanya saat bertahan dan membongkar pertahanan akan dibenahi agar target menang bisa diraih,” kata Vic Hermans.

Dalam pertandingan kontra Brunei Darussalam, timnas memang sempat kesulitan membongkar pertahanan tim lawan. Selain itu, agresivitas serangan balik Brunei juga kerap merepotkan pemain Indonesia. Berkali-kali, pemain Brunei mengancam gawang timnas. Vic Hermans tidak ingin performa tersebut terulang dalam laga kontra Vietnam. Pasalnya, calon lawan sangat agresif dengan penyelesaian akhir yang cukup baik.

Sebelumnya, Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI) Hary Tanoesoedibjo berharap pemain bisa menunjukan penampilan terbaiknya di ajang itu. Dia mengingatkan pemainnya bisa menjaga kekompakan tim dan lebih percaya diri di setiap pertandingannya.

“Kita punya kans menang, tapi ada beberapa hal yang harus dijaga yaitu teamwork, karena mereka datang dari tim yang berbeda-beda. Jangan egois, karena seorang pemain yang menciptakan gol karena rekan setimnya juga. Dengan begitu, harapan kita untuk bisa menjadi juara sangat besar. Apalagi, kita sedang berjuang untuk bisa tampil di Piala Dunia Futsal,” ucap HT.

Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono menyatakan, optimistis timnas mampu merealisasikan target melewati fase penyisihan grup. Berkaca pada TC yang digelar pelatih Vic Hermans selama lima pekan, serta perubahan signifikan pada komposisi pemain yang diikutsertakan, Joko mengaku realistis dengan target tersebut.

“Harus diingat jika Piala AFF ini merupakan kualifikasi Piala AFC Futsal 2018. Semifinal sudah pasti bisa tampil tahun depan dan saya yakin timnas mampu merealisasikan target awal mereka. Karena itu, pemain harus mengeluarkan permainan terbaiknya karena ini membawa nama baik bangsa Indonesia di kancah internasional,” katanya.

 

 

 

 

sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment