Search

Sejarah Mickey Mouse Sejak Awal, Apa dan Bagaimana Kisahnya?

Sejarah Mickey Mouse Sejak Awal, Apa dan Bagaimana Kisahnya? – Bagi para pencinta Mickey Mouse, di bulan ini tepatnya pada tanggal 18 November 2018 Mickey Mouse akan genap berusia 90 tahun! Oleh sebab itu Duniaku.net benar-benar tertarik untuk membuat sejarah mengenai Mickey Mouse dari awal hingga akhirnya bisa menjadi sebuah franchise yang digemari anak-anak disetiap generasi.

Bagi para penggemar Mickey Mouse, mungkin artikel ini bisa menjadi bacaan yang cukup menarik bagi kalian guys! Artikel ini juga dipersembahkan untuk memperingati ulang tahun si tikus legendaris dan tanpa basa-basi langsung saja yuk kita bahas bagaimana kisah dan sejarah Mickey Mouse hingga bisa jadi franchise raksasa seperti saat ini. Cekidot!

1. Sejarah Awal

Mickey Mouse merupakan ikon dari Walt Disney yang diciptakan oleh The Walt Disney dan Ub Iwerks di Walt Disney Studios pada tahun 1928. Awalnya Mickey bukanlah proyek utama karena ia diplot sebagai pengganti dari karakter sebelumnya yakni Oswald the Lucky Rabbit. Pertama kali Mickey akhirnya muncul di film Short Plane Crazy dan akhirnya ia melakukan debut pertamanya secara publik di film pendek berjudul Steamboat Willie (1928) yang merupakan kartun suara pertama.

Selanjutnya nama Mickey Mouse langsung melambung tinggi hingga akhirnya ia langsung memerankan sebanyak 130 film termasuk The Band Concert (1935), Brave Little Tailor (1938), dan Fantasia (1940). Meski Mickey kerap akrab dengan film-film pendek, tak jarang Mickey juga sering muncul di film dengan durasi panjang. Sepuluh kartun Mickey dinominasikan untuk Academy Award untuk Best Animated Short Film, salah satunya, Lend a Paw, yang memenangkan penghargaan pada tahun 1942.

Tak berhenti sampai di situ, di tahun 1978, Mickey menjadi karakter kartun pertama yang memiliki bintang di Hollywood Walk of Fame. Benar-benar legendaris bukan? Tapi perlu diketahui, sebelum mendapatkan sederet penghargaan bergengsi, Mickey harus menjalani berbagai kisah menarik lho.

Meningkatnya popularitas Mickey Mouse berada di awal 1930-an kalah kartun yang satu ini menjadi karakter komik dan memiliki judulnya sendiri untuk komik strip. Sang penggambar, Floyd Gottfredson memiliki jasa karena ia merupakan penggambar Mickey Mouse selama 45 tahun.

Tak hanya di komik, Mickey juga muncul di video game dan menjadi merchandising di Disney Park. Di awal kemunculannya Mickey dikenal sebagai karakter yang nakal akan tetapi imej tersebut pada akhirnya diubah dan Mickey menjadi sosok penolong, ramah, dan juga cerdas. Umumnya Mickey sering muncul bersama pacarnya Minnie Mouse, anjing peliharaannya, Pluto, teman-temannya Donald Duck dan Goofy, dan musuhnya, Pete.

2. Pengisi Suara

Sejarah Mickey Mouse yang menarik untuk dibahas selanjutnya adalah soal pengisi suara. Sejauh ini bagi yang sering menonton Mickey Mouse di televisi, kartun yang satu ini punya suara yang khas dan sedikit melengking. Di awal kemunculannya, Mickey disuarakan oleh Walt Disney sendiri dan Disney sendiri benar-benar bangga bisa melakukan ini pada kartun ciptaannya.

Tapi kemudian di tahun 1946 Disney cukup sibuk sehingga ia kesulitan untuk membagi tugasnya untuk mengisi suara Mickey. Pada akhirnya Disney memberikan peran pengisi suara ini kepada musisi kawakan Disney dan aktor bernama Jimmy Macdonald. Dari tahun 46, Macdonald terus diplot sebagai pengisi suara Mickey hingga akhirnya ia memutuskan pensiun di tahun 1977.

Meski dua orang tersebut yakni Walt dan Macdonald sangat berjasa dalam memberikan suara pada Mickey, kenyataannya Mickey juga terkadang kerap disuarakan oleh orang lain selain mereka berdua. Sebut saja Clarence Nash, J. Donald Wilson, dan Alan Young.

Kembali ke pembahasan usai Macdonald pensiun di tahun 1977, peran pengisi suara Mickey dipindah tangankan kepada Wayne Allwine. Bahkan Alwine melakukan peran ini hingga ia tutup usia di tahun 2009. Bahkan perannya sebagai pengisi suara Mickey membuat Allwine mendapatkan jodoh lho.

Ya, Allwine menikah dengan Russi Taylor yang merupakan pengisi suara Minnie Mouse. Usai Allwine tiada, tonggak pengisi suara Mickey diisi oleh Bret Iwan hingga saat ini. Bahkan Iwan juga mengisi suara Mickey Mouse untuk game ikonik berjudul Kingdom Hearts.

Pengisi suara juga bisa dibilang menjadi yang paling berjasa dalam membuat sejarah Mickey Mouse sejauh ini. Ya, pasalnya suara Mickey benar-benar memiliki khas tersendiri.

3. Hadiah dan Penghargaan

Jika bicara soal legendaris, kenapa Mickey bisa dianggap sebagai kartun yang sangat melegenda? Jawabannya adalah banyaknya sejarah Mickey Mouse yang ditorehkan soal penghargaan. Ada 10 film yang dinominasikan untuk Academy Award dalam kategori film kartun pendek terbaik.

These are Mickey’s Orphans (1931), Building a Building (1933), Brave Little Tailor (1938), The Pointer (1939), Lend a Paw (1941), Squatter’s Rights (1946), Mickey and the Seal (1948), Mickey’s Christmas Carol (1983), Runaway Brain (1995), and Get a Horse! (2013) adalah ke-10 judul tersebut. Tapi dari ke-10 judul itu, yang benar-benar memenangi penghargaan adalah Lend a Paw (1941).

Selain itu, pada tahun 1932 Walt Disney menerima Penghargaan Akademi kehormatan sebagai pengakuan atas kreasi dan popularitas Mickey. Pada tahun 1994, empat kartun Mickey dimasukkan dalam buku The 50 Greatest Cartoons yang membuat daftar kartun terbesar sepanjang masa yang dipilih oleh anggota bidang animasi. Film-film tersebut adalah The Band Concert (# 3), Steamboat Willie (# 13), Brave Little Tailor (# 26), dan Clock Cleaners (# 27).

Pada tanggal 18 November 1978, untuk menghormati ulang tahun ke 50, Mickey menjadi karakter kartun pertama yang memiliki bintang di Hollywood Walk of Fame.Bintang ini terletak di 6925 Hollywood Blvd.

Mickey adalah Grand Marshal dari Tournament of Roses Paradedi tahun baru 2005. Dia adalah karakter kartun pertama yang menerima kehormatan dan merupakan karakter fiksi kedua setelah Kermit the Frog pada tahun 1996. Benar-benar top kartun yang satu ini kan? Sarat akan penghargaan bergengsi!

4. Turut Hadir di Video Games

Selayaknya karakter popular, Mickey Mouse juga kerap muncul di dalam video games lho. Tentu saja ini merupakan sejarah Mickey Mouse yang wajib untuk diketahui oleh para penggemarnya. Mickey Mousecapade di Nintendo, Mickey Mania: The Timeless Adventures of Mickey Mouse, Mickey’s Ultimate Challenge, dan Disney’s Magical Quest.

Kalian juga pasti tidak asing dong dengan game berjudul Kingdom Hearts? Di situ Mickey memainkan peran yang cukup sentral guys. Kartun yang satu ini berperan sebagai raja Disney Castle dan ajudan protagonis di game ini yang bernama Sora. King Mickey menggunakan Keyblade, senjata dalam bentuk kunci yang memiliki kekuatan untuk membuka kunci dan memerangi kegelapan.

Hingga saat ini Kingdom Hearts sudah bakal memasuki seri ketiga. Kabarnya seri ketiga dari Kingdom Hearts bakal meluncur pada tahun 2019 untuk meramaikan industri gaming di tahun tersebut!

Sepertinya itulah beberapa sejarah Mickey Mouse yang bisa kita ketahui. Bagi kalian yang gemar dengan kartun ini wajib membaca tulisan ini ya tentunya. Membicarakan mengenai Mickey Mouse, tak heran juga jika di usianya yang ke-90 tahun ia terus bisa bersaing dengan karakter-karakter kartun baru yang tentunya lebih kece.

SUMBER ASLI

Written by 

Related posts

Leave a Comment