Search

Southgate Ungkap Alasan Tak Panggil Smalling ke Timnas Inggris

KOMPAS.com – Pelatih tim nasional Inggris, Gareth Southgate, memilih untuk mendepak bek Manchester United, Chris Smalling, dari skuad The Three Lions.

Pencoretan ini dilakukan jelang dua laga uji coba yang akan dilakoni timnas Inggris menghadapi Jerman pada Jumat (10/11/2017) dan Brasil, Selasa (14/11/2017), di Stadion Wembley.

Jelang laga tersebut, Gareth Southgate telah merilis daftar skuad berisi 25 nama pemain yang akan ia gunakan menghadapi dua pertandingan tersebut.

Secara mengejutkan, Chris Smalling yang sedang tampil bagus dan menjadi salah satu faktor Manchester United meraih banyak clean sheet pada awal musim ini justru hilang dari daftar skuad.

Padahal, dalam dua laga terakhir, Inggris pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 menghadapi Slovenia (5/10/2017) dan Lithuania (7/10/2017), Smalling masih menjadi bagian dari tim, meski tidak tampil.

Southgate lebih memilih memasukan Joe Gomez, Gary Cahill, John Stones, Harry Maguire, dan Phil Jones untuk mengawal jantung pertahanan Inggris di posisi bek tengah.

Menanggapi hal ini, Southgate mengaku bahwa ada beberapa hal yang menjadi pertimbangannya untuk menyingkirkan Smalling dari skuad Inggris.

Salah satunya adalah penampilan yang ditunjukkan pemain yang telah memiliki 31 caps bersama timnas Inggris itu dalam hal melakukan operan kepada rekan setim dalam membangun serangan dan menciptakan peluang.

“Chris telah memiliki setidaknya 30 caps dan bermain untuk Manchester United. Jadi, saya tahu apa yang bisa dia lakukan. Mungkin ini keputusan yang berat karena faktanya tim yang dibela Chris banyak melakukan clean sheet,” ucap Southgate kepada Sky Sports.

“Di babak kualifikasi, kami memiliki rekor dalam bertahan, tetapi tidak dalam hal mencetak gol. Bagian terpenting untuk bisa melakukan itu adalah bagaimana cara membangun serangan dan kemampuan menciptakan peluang,” ujarnya. (Verdi Hendrawan)

 

 

 

 

sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment