Search

Statistik MotoGP Inggris Raya

Babebola.net – MotoGP Inggris Raya akan dihelat di Silverstone pada akhir pekan. Berikut statistik seputar balapan seri ke-12 pada musim ini tersebut.

Balapan tersebut bakal menjadi episode teranyar ketatnya persaingan balapan MotoGP, secara khusus lima rider di posisi teratas yang cuma terpaut 35 poin saja.

Berikut statistik MotoGP Inggris Raya akhir pekan ini, seperti dirangkum MotoGP.com: 

– Valentino Rossi akan menjalani start ke-300 kelas primer di Silverstone — menjadi rider pertama yang melakukannya.

– Marc Marquez sudah menambah keunggulan di klasemen, tapi perebutan titel MotoGP masih tetap menjadi yang paling sengit di lima besar pada fase musim saat ini, semenjak sistem poin sekarang diperkenalkan pada 1993. Cuma 35 poin yang memisahkan lima besar setelah 11 seri balapan, dibandingkan 68 poin pada 2006 dan 2000 — jarak terdekat sebelum ini.

– Di MotoGP Inggris Raya, Alvaro Bautista (Pull&Bear Aspar Team) akan menjadi rider ke-13 dalam sejarah yang mampu mencatat start grand prix ke-250.

– Ini merupakan tahun kedelapan Silverstone sudah menjadi tuan rumah semenjak seri balapan ini kembali ke sirkuit tersebut pada 2010, setelah rentang 23 tahun.

– Balap motor grand prix pertama yang dilangsungkan di Silverstone pada 1977 juga menjadi yang perdana dihelat di daratan Britania Raya; sebelum 1977, seri balapan ini dihelat di sirkuit Isle of Man sejak 1949.

– Grand prix Inggris dilangsungkan sepuluh tahun beruntun di Silverstone sebelum kemudian pindah ke Donington Park pada 1987. Grand prix kembali ke Silverstone pada 2010 dengan sirkuit yang sudah direvisi dengan panjang 5,9 km.

– Kork Ballington dan Angel Nieto adalah dua rider dengan jumlah kemenangan paling banyak di Silverstone, masing-masing menang dalam kesempatan.

– Tiga rider lain yang punya lebih dari satu kemenangan di Silverstone semenjak grand prix kembali ke sirkuit pada 2010 adalah Jorge Lorenzo, Marquez, dan Maverick Vinales. Di sana Lorenzo pernah tiga kali memenangi balapan MotoGP: 2010, 2012 & 2013; Marquez menang balapan 125cc pada 2010 dan MotoGP pada 2014; Vinales menang balapan Moto3 pada 2012 dan MotoGP tahun lalu.

– Yamaha sudah memenangi empat dari tujuh balapan MotoGP yang dilangsungkan di Silverstone, dengan yang terakhir adalah dua tahun lalu bersama Rossi.

– Honda punya dua kemenangan MotoGP di Silverstone, dengan Casey Stoner pada 2011 dan Marc Marquez pada 2014.

– Di Silverstone tahun lalu Vinales membuat Suzuki bisa kembali memenangi seri balapan MotoGP semenjak Le Mans pada 2007, ketika Chris Vermeulen berjaya di balapan basah. Itu juga menjadi finis podium pertama buat Suzuki di Silverstone pada era MotoGP. Semenjak Franco Uncini memenangi balapan 500cc di grand prix Inggris 1982, baru kali itu pula Suzuki menang di Silverstone.

– Kesempatan tunggal Ducati naik podium di Silverstone adalah pada 2015 — finis kedua buat Danilo Petrucci dan tiga buat Andrea Dovizioso.

– Cuma tiga rider Britania Raya yang pernah mengawali balapan di Silverstone dari posisi terdepan; Barry Sheene di kelas 500cc 1977, Sam Lowes di Moto2 tahun 2015 dan 2016, dan Crutchlow di MotoGP tahun lalu.

SUMBER : SPORT.COM

Written by 

Related posts

Leave a Comment