Search

Sukses di Tanah Air, Jasa Pengiriman Ini Ekspansi ke Asia Tenggara

Jakarta –Banyaknya perusahaan yang memberikan jasa pengiriman ekspres, membantu para pelaku e-commerce dalam melakukan transaksi bisnis secara online. Tidak hanya itu, semakin lama dikenal oleh para pelaku e-commerce, penyedia jasa juga semakin berkiprah di industri logistik. Salah satunya J&T Ekspress yang sudah berkiprah dalam industri logistik selama 3 tahun.

Memasuki tahun ketiganya sebagai penyedia jasa pengiriman ekspres, J&T dikenal baik oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, menurut survei Jakpat tahun 2017, J&T disebut sebagai perusahaan jasa pengiriman peringkat kedua.

Sesuai dengan slogan yang diusung, yaitu Express Your Online Business, semenjak awal tahun J&T Express mulai memperkuat sinergi dengan berbagai pelaku e-commerce dengan memberikan roadshow edukasi lebih dari 40 kota di Indonesia. Edukasi tersebut diberikan kepada pelaku bisnis online, dan usaha mikro kecil mencegah dengan menggandeng beberapa partner seperti Shopee, Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdEA), serta komunitas bisnis anak muda. Sinergi ini diusung J&T Express untuk memberikan dukungan positif dalam meningkatkan bisnis di industri e-commerceIndonesia.

Pada pertengahan tahun 2018, J&T Express sukses melebarkan operasionalnya hingga 2 negara di Asia Tenggara yakni Malaysia dan Vietnam. Tidak hanya itu dalam tahun 2018 ini J&T Express telah sukses meraih empat penghargaan berturut-turut menjelang ulang tahun ketiganya. Dimulai dari Top Brand Award 2018, Marketing Award 2018, Top Business Opportunity Award 2018 serta Service Quality Award 2018, berdasarkan hasil survei dan pilihan konsumen. Tergolong sebagai pemain baru di industri logistik, pencapaian J&T Express sudah terbilang sukses.

Akhir tahun 2018 ini J&T Express juga mulai mengoperasikan mesin sortir otomatis di pusat sortir gateway Jakarta yang dapat melakukan penyortiran hingga 30 ribu paket per jam bertempat di lahan 1 hektare rawa bokor. Penggunaan mesin yang termasuk otomasi tingkat tinggi dilengkapi dengan teknologi scan barcode otomatis, conveyor belt sebagai penunjang jalur paket, pengukuran berat paket secara otomatis, auto-reject untuk paket-paket yang tidak sesuai standar, serta penggunaan SDM yang minim. Melengkapi mesin yang dimiliki sebelumnya, mesin otomatis ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi kerja. Selain itu juga dapat mengurangi human error, sehingga dapat mempercepat distribusi pengiriman yang ada.

Penggunaan mesin ini juga sangat membantu, terutama saat momentum festival belanja online(harbolnas) pada 12 Desember lalu. Dilihat pada traffic pengiriman paket yang tinggi saat harbolnas, menjadi salah satu tantangan dan antisipasi setiap jasa pengiriman ekspres, salah satunya J&T Express. Pada momen inilah J&T Express juga berhasil mencatat rekor pengiriman sebanyak 4,5 juta paket, di mana 80% nya merupakan paket dari e-commerce.

Pada tahun 2019 mendatang J&T Express akan segera beroperasi di Thailand dan Filipina mengingat persiapan di dua negara tersebut sudah dimulai semenjak Oktober 2018. Selain itu J&T Express yang saat ini telah mencapai pengiriman paket rata-rata 700 ribu paket per hari menargetkan untuk terus bertambah dibanding saat ini.

 

Sumber

Written by 

Related posts

Leave a Comment