Search

Taiwan Diguncang Gempa 6,4 SR, Sebuah Hotel Ambruk

Taiwan Diguncang Gempa 6,4 SR, Sebuah Hotel Ambruk

BABEBOLA – Gempa berkekuatan 6,4 skala richter (SR) melanda wilayah timur laut kota Hualien, Taiwan pada Selasa menjelang tengah malam. Sebuah hotel ambruk dan jalan raya di dekatnya terpaksa ditutup.

Wilayah yang dilanda gempa berjarak sekitar 22 km (14 mil) sebelah timur laut Kota Hualien. Menurut Suvei Geologi Amerika Serikat (USGS) pusat kedalaman gempa sangat dangkal.

Seorang pejabat dari divisi pemadam kebakaran Kementerian Dalam Negeri setempat mengatakan kepada Reuters melalui telepon bahwa orang-orang terjebak dalam bangunan di Hualien.

Pemerintah menyatakan bahwa sebuah jembatan di sebuah kota di pantai timur Taiwan tidak dapat digunakan. Struktur penginapan juga miring saat dilanda gempa bumi.

”Presiden (Tsai Ing-wen) telah meminta kabinet dan kementerian terkait untuk segera meluncurkan ‘mekanisme bencana’ dan bekerja pada tingkat tercepat untuk pekerjaan bantuan bencana,” kata kantor presiden dalam sebuah pernyataan, yang dilansir Rabu (7/2/2018).

Hingga saat ini belum ada laporan resmi dari otoritas Taiwan terkait kemungkinan adanya korban jiwa dan luka dalam bencana tersebut.

Taiwan selama ini menyatakan diri sebagai wilayah yang merdeka dan telah membentuk pemerintahan sendiri. Namun, China menentang dan tidak pernah mengakuinya. China menganggap Taiwan sebagai provinsinya yang membangkang.

Written by 

Related posts

Leave a Comment