Search

Tim Jokowi: Habib Bahar Mestinya Minta Maaf

BABEBOLA – Wakil Ketua TKN Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding menilai ceramah Habib Bahar bin Smith tindakan tercela. Menurutnya, Bahar mengucapkan kata tidak etis menghina Kepala Negara.

Politikus PKB itu mengatakan, seharusnya Habib Bahar sebagai orang yang tumbuh kembang di lingkungan Islam menyampaikan ceramah atau berdakwah dengan cara yang lembut. Dia pun menyarankan Bahar meminta maaf atas ucapannya.

“Itu mestinya meminta maaf, tapi kalau tidak itulah bentuk kesombongan dan kecongkakan dari seorang Habib Bahar ya. Sehingga ya biar saja itu urusan dia pribadi,” kata Karding melalui pesan tertulis, Senin (3/12).

Dalam ajaran nabi, lanjutnya, dikatakan jika orang lain memusuhi, menyerang kita maka hendaklah memaafkan. “Bayangkan orang yang memusuhi, orang yang menzalimi saja diajarkan untuk dimaafkan apalagi kita yang menzalimi, apalagi kita yang menghina,” ungkapnya.

Jika Bahar tidak meminta maaf, kata Karding, itu haknya. Tetapi publik mesti tahu bahwa yang disampaikan tindakan yang tidak sepatutnya dilakukan oleh orang yang menyebut pendakwah atau tokoh agama.

“Bukan provokasi, hinaan, cacian, ujaran kebencian, menyalah-nyalahkan, mengkafir-kafirkan, menthogut-thogutkan orang lain. Itu bukan dakwah dan itu tidak ada dalam contoh-contoh Rasulullah, sahabat dan seterusnya para kiai,” tandasnya.

Sebelumnya, Habib Bahar bin Smith dipolisikan akibat ucapan dalam ceramahnya yang menghina Presiden Jokowi. Selain dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Habib Bahar juga dilaporkan ke Bareskrim Polri.

“(Laporannya) sudah diterima oleh Bareskrim,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (29/11).

 

 

 

SUMBER

 

Written by 

Related posts

Leave a Comment