Search

Timnas U-19 Tak Mampu Saingi Espanyol B

BabeBola.net – Tim nasional Indonesia U-19 kalah telak dengan skor 2-4 saat beruji coba lawan Espanyol B di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jumat (14/07).

Pertandingan berlangsung cukup seru, karena kedua tim tampil terbuka. Skuat Garuda Nusantara sendiri sempat tampil cukup merepotkan Espanyol dan bisa mencetak dua gol melalui Egy Maulana Vikry. Namun demikian, Indra Sjafri masih harus melakukan banyak pembenahan lagi.

Timnas U-19 mencoba untuk membangun serangan sejak wasit meniup peluit tanda laga babak pertama dimulai. Akan tetapi, mereka gagal menembus lini tengah sang tamu. Bahkan di menit ke tiga, skuat Merah putih langsung kebobolan melalui titik penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah melihat Rachmat Irianto menjegal pemain lawan di kotak terlarang.

Timnas U-19 langsung meningkatkan tempo permainannya setelah kebobolan. Serangan demi serangan berusaha, terutama melalui kedua sisi sayap.

Akhirnya, tim asuhan Indra Sjafri ini bisa menyamakan kedudukan di menit ke tujuh. Gol tersebut tercipta setelah dua pemain Espanyol gagal menghentikan akselerasi Egy Maulana. Setelah masuk kotak penalti, dengan mudah ia mengalahkan kiper lawan dengan sontekan kaki kanannya.

Pertandingan kemudian berjalan cukup berimbang. Namun, sayangnya Indonesia kembali gagal membendung serangan dari sayap kanan Espanyol di menit ke 20. Mereka kebobolan melalui Daniel Wong setelah Rifad Marasabessy membuat kesalahan dalam menghalau bola.

Indonesia berusaha keras untuk bisa kembali menyamakan kedudukan. Mereka berani menekan lawan sampai jauh ke belakang. Namun usaha mereka kerap gagal, meski sesekali juga mengandalkan serangan balik.

Pertandingan babak pertama akhirnya berakhir dengan keunggulan 1-2 untuk Espanyol B.

Pertandingan berjalan dengan tempo sedikit lebih cepat dari babak pertama, seiring dengan naiknya tempo permainan Espanyol. Hal ini membuat Indonesia cukup kesulitan melakukan serangan ke pertahanan lawan.

Espanyol B kerap menggempur pertahanan Indonesia. Namun mereka tidak benar-benar bisa mendapat peluang emas. Justru peluang apik bisa didapat oleh Rifad di menit 62. Tusukannya menikam pertahanan sang lawan, namun sayang sepakan kerasnya bisa dimentahkan kiper.

Sayangnya, pada menit ke 65, Indonesia justru kebobolan. Serangan Espanyol dari sisi sayap kiri tak bisa dibendung Rifad, dan membuat lawan bisa mengirim umpan matang ke tengah lapangan yang bisa disambut dengan tendangan Victor Gomes.

Sayangnya, saat mencoba bangkit, Garuda Nusantara justru kembali kebobolan pada menit ke 67. Gol ini terjadi melalui sundulan, memanfaatkan umpan sepak pojok. Skor kini menjadi 4-1.

Tak lama berselang, pada menit 69 bek Espanyol didakwa melakukan handball di kotak terlarang. Awalnya, penalti yang dieksekusi oleh Egy sempat ditepis oleh kiper Espanyol. Namun wasit mengulang penalti tersebut. Di kesempatan kedua, Egy tak mengulang kesalahannya dan menendang bola dengan kencang ke arah kanan gawang.

Pada menit ke 80, sebuah serangan apik dilancarkan timnas U-19. Egy berlari melintasi lapangan dari kiri ke kanan dan memberikan umpan terobosan yang ciamik pada Hanis. Sayang, first touch dari Hanis kurang bagus dan mengakibatkan peluangnya terbuang sia-sia karena tendangannya terlalu lemah.

Hingga pertandingan berakhir, tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor masih tetap 4-2 untuk keunggulan Espanyol B atas timnas U-19.
Susunan Pemain:

Timnas U-19: M Riyandi, Nurhidayat Haris, Rachmat Irianto, Rifad Marasabessy, Firza Andika, M Luthfi, M Iqbal, Witan Sulaeman, Feby Eka Putra, Egy Maulana Vikri, Hanis Saghara.

Espanyol B: Edu Frias, Gonzalo Avila, Lago Indias, Victor Gomez, Genar Fornes, Aitor Granados, Manchon, Bermejo, Antonio Pelegrin, Ivan Gil, Daniel Wong.

SUMBER : BBC.COM

Written by 

Related posts

Leave a Comment