Search

Warga Yordania Tuntut Kedutaan Israel Ditutup

BabeBola.net – AMMAN – Puluhan demonstran yang marah turun ke jalan untuk menuntut penutupan kedutaan Israel di Amman pada hari Jumat (4/8/2017). Warga Yordania marah setelah dua warga dibunuh oleh atase keamanan di kedutaan Israel.

Demonstrasi dimulai di Masjid Kalouti setelah salat Jumat, di mana demonstran berbaris ke kedutaan Israel. Karena kedekatannya dengan kedutaan Israel, Masjid tersebut memiliki reputasi sebagai pusat demonstrasi normalisasi hubungan pemerintah Yordania-Israel seperti dikutip dari Al Araby, Sabtu (5/8/2017).

Mereka juga menyerukan pembatalan perjanjian gas yang ditandatangani Yordania dengan Israel September lalu. Perjanjian ini menyebabkan kemarahan di seluruh negeri.

Para demonstran juga menyerukan penghapusan Perjanjian Damai Wadi al-Araba yang ditandatangani pada tahun 1994. Perjanjian ini membawa Yordania dan Israel keluar dari sebuah negara perang selama 46 tahun.

Minggu lalu ribuan orang melakukan aksi protes saat pemakaman seorang remaja yang dibunuh oleh seorang petugas keamanan di kedutaan Israel di Amman.

Mohammed Jawawdeh, 17, ditembak mati pada hari Minggu setelah dituduh menyerang petugas keamanan Israel dengan obeng.

Seorang dokter Yordania juga terbunuh tanpa sengaja dalam kejadian tersebut.

Pembunuhan tersebut menyebabkan krisis diplomatik antara Israel dan Yordania pada saat ketegangan meningkat seputar pembatasan keamanan di kompleks masjid al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki.

SUMBER : INTERNATIONAL NEWS .COM

Written by 

Related posts

Leave a Comment