Search

Waspadai Penyebaran Penyakit Difteri

BABEBOLA– Difteri menjadi salah satu penyakit yang mulai banyak ditemui di sejumlah daerah. Penyakit yang cukup berbahaya ini juga mudah menular. Anda pun harus mewaspadai penyebarannya.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Mohamad Subuh menjelaskan tingkat penularan difteri sangat tinggi. Penyakit ini umumnya ditularkan melalui beberapa cara.

“Menular melalui percikan ludah saat bersin atau batuk. Itu sangat mudah menular. Ini merupakan cara penularan difteri paling umum,” kata Subuh.

Bersentuhan langsung pada luka akibat difteri di kulit penderita juga bisa memicu penularan difteri. Biasanya penularan terjadi pada lingkungan atau orang yang kebersihannya tidak terjaga.

Selanjutnya bakteri difteri akan menghasilkan racun yang akan membunuh sel-sel sehat dalam tenggorokan hingga mati. Sel-sel tersebut yang akan membentuk membran abu-abu pada tenggorokan.

“Karena itu, penting untuk melakukan outbreak reponse immunization (ORI), artinya pemberian imunisasi ulang secara massal kepada seluruh wilayah yang terdapat kasus difteri,” pungkasnya.

 

 

Sumber:

Written by 

Related posts

Leave a Comment