Search

7 Tradisi Hidangan Khas Lebaran yang Paling Ngangenin

7 Tradisi Hidangan Khas Lebaran yang Paling Ngangenin

BabeBola.net – Jakarta – Lebaran memang menjadi hari raya kemenangan bagi umat muslim. Tak heran jika tersedia berbagai hidangan spesial khas lebaran saat menyambut hari raya Idul Fitri. Terlebih, lebaran juga menjadi hari spesial di mana semua anggota keluarga bisa berkumpul untuk bersilaturrahmi.

Berikut tujuh tradisi hidangan spesial khas lebaran yang wajib tersedia selama Idul Fitri.

1. Ketupat Lebaran

shutterstock

upat lebaran merupakan makanan khas hari Raya di Indonesia. Ketupat disajikan dengan anyaman janur yang berbentuk jajaran genjang. Namun sebetulnya ketupat memiliki hampir lebih dari 10 bentuk lainnya.

Bagi masyarakat Jawa, ketupat memiliki nilai filosofis dan historis. Makna ketupat lebaran adalah kesucian lahir batin sehingga saat Idul Fitri semuanya kemballi suci.

Baca Bukan di Luar Negeri, Ini 7 Tempat Wisata Hits di Jawa Timur untuk Libur Lebaran

2. Opor Ayam

shutterstock

kan dengan kuah santan ini memang makyus banget. Rasanya belum lengkap jika tidak ada Opor ayam saat lebaran. Tak heran jika Opor Ayam merupakan pasangan yang lengkap dengan ketupat lebaran.

3. Rendang

shutterstock

in opor ayam, rendang juga kerap disajikan sebagai hidangan spesial yang wajib ada dalam menu lebaran komplit. Makanan yang dikategorikan makanan paling enak sedunia ini memang sudah menjadi ikon hari raya di Indonesia meskipun berasal dari Sumatra.

4. Kastengel

shutterstock

lebaran yang satu ini kadang kadang suka habis duluan sebelum lebaran tiba. Rasanya enak, gurih dan renyah karena bebahan keju. Dua toples saja rasanya tidak cukup untuk persediaan kue lebaran yang spesial di Hari Raya.

 

5. Nastar

shutterstock

h satu kue paling favorit yang dibuat oleh ibu-ibu saat jelang lebaran adalah nastar. Karena kalah pamor sama kastengel kini para ibu melakukan inovasi nastar keju sehingga kue nastar menjadi salah satu kue lebaran yang paling cepat habis.

6. Putri Salju

shutterstock

pa dinamakan kue putri salju? Alasannya karena kue ini ditaburi gula halus sehingga seolah-oleh seperti salju. Bentuk khasnya pun disesuaikan dengan hari raya Idul Fitri berupa bulan sabit.

Baca 6 Tradisi Lebaran ala Generasi 90-an Ini Bikin Kangen Masa Kecil

7. Biji Ketapang

shutterstock

Kue lebaran yang satu ini termasuk kue lebaran tradisional yang sudah turun temurun selalu disajikan saat hari raya Idul Fitri. Khususnya bagi warga Betawi. Rasanya renyah dan manis di mulut.

Written by 

Related posts

Leave a Comment