Search

AS Bakal Kirim 4.000 Pasukan ke Afghanistan

WASHINGTON – Pentagon akan mengirim hampir 4.000 pasukan tentara tambahan ke Afghanistan. Kehadiran pasukan tambahan ini diharapkan bisa memecahkan jalan buntu dalam perang di negara itu.

Hal tersebut diungkapkan oleh seorang pejabat pemerintahan Presiden Donald Trump. Menurutnya, keputusan itu akan diumumkan Menteri Pertahanan Jim Mattis pada awal minggu depan seperti dikutip dari ABC News, Jumat (16/6/2017).

Pengiriman pasukan tambahan ini sejalan dengan langkah Trump memberikan Mattis wewenang penuh untuk menetapkan jumlah pasukan sekaligus menjawab keluhan komandan tertinggi pasukan AS di Afghanistan. Komandan tertinggi AS di Afghanistan menyatakan tidak punya cukup kekukatan untuk membantu tentara Afghanistan untuk menghadapi Taliban yang bangkit kembali. Ancaman semakin meningkat seiring munculnya kelompok ekstrimis ISIS.

Menurut pejabat tersebut, sebagian besar pasukan tambahan akan melatih dan memberi tahu pasukan Afghanistan. Sejumlah kecil akan ditugaskan untuk melakukan operasi kontra terorisme melawan Taliban dan ISIS.

Pengiriman pasukan tambahan ini akan menjadi pengiriman terbesar di bawah kepemimpinan seumur jagung Donald Trump. Sebelumnya pendahulu Trump, Presiden Obama, telah mempertahankan 8.400 tentara AS di Afghanistan.

Meskipun demikian, setidaknya ada 2.000 tentara A.S. di Afghanistan yang tidak masuk dalam daftar resmi. Ini termasuk kekuatan yang secara teknis dianggap sementara meskipun mereka berada di zona perang selama berbulan-bulan.

SUMBER:international.sindonews.com

Written by 

Related posts

Leave a Comment