Search

Belalang Kembara di NTT Baru Bisa Disemprot Pestisida Tengah Malam

Jangan Semprot Belalang Kembara di NTT Pakai Pestisida Kimia

BabeBola-Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur menggunakan pestisida seberat 1 ton guna menghentikan serbuan belalang kembara di Waingapu, Sumba Timur, NTT. Pengamat pertanian dan hama IPB, Hermanu Triwidodo menyebut langkah itu kurang tepat.

“Rencana penggunaan pestisida racun kimia untuk mengatasi ledakan, saya menganjurkan untuk tidak dilakukan,” kata Hermanu saat berbincang, Senin (12/6/2017) malam.
Menurutnya, penggunaan pestisida sama saja dengan membuat masalah baru. Kondisi lingkungan Sumba Timur disebut akan turut tercemar oleh pestisida.

“Penggunaan pestisida untuk membasmi belalang akan seperti menggali kubur baru dan mendatangkan petaka, khususnya untuk Sumba Timur dengan savananya plus penggembalaan ternak yang dilepas leluasa. Bahaya sekali untuk kesehatan ternak dan lingkungan (satwa liar burung-burung),” terangnya.
Selain itu, Hermanu mengatakan penggunaan pestisida dapat memicu ledakan hama tanaman jagung. Dia menyarankan pemerintah setempat menggunakan patogen (virus) untuk serangga untuk memberantas belalang kembara.

“Bisa menimbulkan di peternakan dan bisa memicu ledakan hama jagung seperti (serangga) Heliothis dan lain-lain. Mohon dinas dan pemda diingatkan. Penggunaan racun kimia harus dihindari, gunakan patogen serangga,” pungkasnya.

SUMBER:BBC.COM

Written by 

Related posts

Leave a Comment