Search

Fakta Atau Mitos? Gula Pasir Dapat Merusak Mesin Kendaraan

Fakta Atau Mitos? Gula Pasir Dapat Merusak Mesin Kendaraan

BabeBola.net – Mesin merupakan salah satu jantung kendaraan yang menjadi kunci gerak dan identitas hingga disebut kendaraan bermotor. Tanpa mesin, kendaraan pastinya tidak bisa dikategorikan mobil atau motor alias mati total. Namun, mesin juga tidak dapat bergerak jika tidak ada bahan bakarnya. Bahan bakar layaknya makanan dan minuman yang memberi nutrisi untuk tetap hidup dan bergerak aktif.

Menurut Speedsociety, beberapa orang bertanya-tanya apakah gula dapat merusak mesin kendaraan jika dicampurkan dengan bahan bakar? Ada beberapa pendapat menyatakan bahwa gula pasir dapat merusak mesin, ada juga yang berpendapat bahwa hal tersebut hanyalah mitos belaka.

Maka dari itu, seorang pria menguji coba apakah mesin akan mengalami kerusakan saat dimasuki dengan bensin yang dicampur dengan gula. Mesin yang digunakan adalah sebuah alat pemotong rumput berbahan bakar sama seperti yang biasa digunakan oleh mobil.

Pertama dia menggunakan bensin biasa untuk menjalankan mesin pemotong rumput itu, setelah bensin habis, dia pun membuka mesin tersebut yang nantinya dibuat perbandingan. Setelah itu, dia memasukan bensin yang sudah dicampur oleh gula pasir.

Di tengah pengujian, mesin itu terlihat mengeluarkan asap. Setelah bensin habis, bagian dalam mesin pun diperiksa. Dan terkejutlah ia saat menemukan beberapa bagian dalam mesin mengalami kerusakan yang cukup parah seperti dinding mesin lecet dan juga menimbulkan lubang.

Dari ekperimen tersebut bisa disimpulkan bahwa mesin dengan bensin yang dicampur gula pasir masih bisa beroperasi seperti biasa, namun akan merusak bagian dalam mesin dan juga dapat mengakibatkan kerusakan fatal jika digunakan terus menerus.

 

Sumber : otosia

Written by 

Related posts

Leave a Comment