Search

Kapal Selam Nuklir Rusia Uji Tembak Rudal Balistik Antar-Benua

BabeBola– Kapal selam bertenaga nuklir Rusia berhasil menguji tembak rudal balistik antar-benua (ICBM). Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, ICBM yang diuji tembak melintasi wilayah Eurasia.

”Kapal selam nuklir Borey-class, Yuri Dolgoruky, telah berhasil melepaskan rudal balistik antar-benua (ICBM) Bulava dari area yang ditentukan di Laut Barents hingga rentang uji rudal Kura di Kamchatka,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, kemarin.

Laut Barents berlokasi di dekat Norwegia. ”Peluncuran itu dibuat dari posisi bawah laut sesuai dengan rencana latihan tempur,” lanjut kementerian tersebut, seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (27/6/2017).

”Menurut data yang dikonfirmasi dari kontrol misi, unit ICBM menyelesaikan program penerbangan penuh dan berhasil mencapai target di kisaran tersebut.”

Rudal Bulava, yang memiliki jangkauan 9.300 kilometer (sekitar 5.770 mil), harus menempuh perjalanan setidaknya 4.600 km di hampir seluruh wilayah Asia di Rusia untuk mencapai targetnya.

Kapal Yuri Dolgoruky, diluncurkan pada tahun 2008, merupakan kapal selam nuklir Borey-class generasi keempat yang melayani Armada Utara Rusia.

Kapal selam Borey-class, yang dapat membawa hingga 16 rudal Bulava berbasis antarbenua, direncanakan menjadi basis kekuatan nuklir strategis Angkatan Laut Rusia di masa depan.

Selain Yuri Dolgoruky, Angkatan Laut Rusia memiliki dua kapal selam lainnya, dan lima kapal selam lain yang sedang dalam pembangunan. Pada tahun 2020, Angkatan Laut Rusia bertujuan untuk memiliki delapan kapal selam Borey-class untuk dinas aktif.

SUMBER: INTERNATIONALNEWS.COM

Written by 

Related posts

Leave a Comment