Search

Olahraga dan Nutrisi yang Tepat, Kunci Fit Selama Puasa

Olahraga dan Nutrisi yang Tepat, Kunci Fit Selama Puasa

 

BabeBola.net, Jakarta – Tidak terasa puasa tinggal hitungan hari, namun jangan sampai tubuh melemah. Agar tidak terjadi hal seperti itu, tubuh harus tetap mendapatkan asupan gizi seimbang serta olahraga teratur.

Menurut dokter spesialis kekokteran olahraga, dr Rachmad Wishnu Hidayat, SpKO untuk menjaga tubuh tetap fit selama puasa maka nutrisi yang baik saat sahur adalah salah satu kuncinya. Asupan nutrisi dikatakan baik antara lain jika memenuhi kebutuhan karbohidrat, laktosa, protein atau asam amino, dan lemak.

Namun untuk mendapatkan tubuh fit selama puasa tidak cukup hanya dengan asupan nutrisi saja. Olahraga juga sangat diperlukan oleh tubuh.

“Tujuan olahraga itu ada dua yaitu untuk mempertahankan kondisi fisik dan kebugaran serta menghilangkan perasaan lemas,” ujarnya.

Syarat olahraga saat puasa yang diungkapkan oleh dr Wishnu adalah olahraga yang tidak melelahkan, tidak menimbulkan risiko dehidrasi, dan kenali kondisi diri sendiri sehingga tahu kapan harus menghentikan olahraganya.

Olahraga yang disarankan adalah olahraga dengan intensitas ringan seperti jalan cepat, bersepeda, senam aerobik yang ringan, ataupun bermain badminton santai dengan 20-30 menit dan dapat dilakukan sebanyak 3-5 kali seminggu.

 

 

Sumber : Detik.com

Written by 

Related posts

Leave a Comment