Search
займ на карту

Pencuri Tas Penumpang di Stasiun Bandung Diciduk

BABEBOLA – Petugas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung meringkus Dian Hardian yang diduga sebagai pencuri tas milik seorang penumpang Ruth Silvia Damayanti di area tunggu penumpang Hall Utara Stasiun Besar Bandung, Sabtu (30/12/2017).

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, Joni Martinus mengatakan,  pelaku Dian Hardian ditangkap tanpa perlawanan oleh Manager Pengamanan Operasi Kereta. Sebelum penangkapan dilakukan, petugas mengintai dan menyamar sebagai penumpang, selama dua jam.

Setelah pengintaian, pelaku yang berasal dari Desa Nagrog, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung ini diikuti petugas dan dibekuk di area parkir Stasiun Bandung sebelah utara. Dari tangan pelaku, petugas menyita barang bukti tas berwarna cokelat milik korban Ruth yang berisi satu buah dompet, kartu ATM, charger telepon seluler (ponsel), dan lainnya.

“Ada petugas keamanan kami yang menyamar sebagai penumpang. Ini kami lakukan demi menjaga dan mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu kenyamanan penumpang yang akan berlibur akhir tahun menggunakan kereta api. Penangkapan ini pun berdasarkan laporan petugas IT yang mengamati gerak-gerik mencurigakan pelaku yang terpantau melalui CCTV,” kata Joni.

Joni berharap, penumpang tetap berhati-hati dan tidak menggunakan perhiasan mencolok saat akan bepergian menggunakan kereta api. Hal ini penting demi keamanan dan keselamatan penumpang. Selain itu, pihaknya berpesan agar penumpang selalu proaktif melaporkan kepada petugas di stasiun atau selama perjalanan dalam kereta jika menemukan hal-hal mencurigakan.

“Jika hal mencurigakan itu di stasiun, segera laporkan kepada petugas. Jika di dalam kereta, segera laporkan kepada petugas yang nomor teleponnya tercantum di setiap kereta api,” ujar Joni.

Menurut Joni, pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2017/2018, PT KAI Daop 2 Bandung menerjunkan petugas kemanan internal dan eksternal beserta dua anjing pelacak atau K-9. Para petugas kemanan itu ditempatkan di Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong.  “Di area stasiun juga sudah dilengkapi CCTV untuk memantau keamanan arus penumpang,” kata Joni.

 

 

 

 

SUMBER

Written by 

Related posts

Leave a Comment