Search

Wiranto: Indonesia Siap Bantu Filipina Habisi Basis ISIS

Wiranto: Indonesia Siap Bantu Filipina Habisi Basis ISIS

 

BabeBola.net, Jakarta — Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan, Indonesia akan bekerja sama dengan sejumlah negara untuk menghabiskan basis ISIS di Asia Tenggara. Koordinasi resmi akan diselenggarakan akhir bulan depan.

“Kami laksanakan koordinasi multilateral untuk mem-back up Filipina menghabisi basis itu, supaya tidak hidup di Asia Tenggara,” ujar Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (13/6).

Koordinasi bakal dilakukan Indonesia bersama Australia, New Zealand, Brunei Darussalam, Filipina. Indonesia menjadi penyelenggara utama.

Kerjasama multilateral diperlukan karena ISIS di Syria sedang digempur. Wiranto mengatakan, hal itu menyebabkan ISIS memilih mengembangkan basisnya di Asia Tenggara seperti Poso, Indonesia dan Marawi, Filipina.

Kendati demikian, Wiranto menuturkan bahwa basis-basis mereka di Poso dan Marawi terus diawasi bahkan digempur sehingga Asia Tenggara menjadi tempat tak cocok sebagai lokasi pengembangan basis ISIS.

Di sisi lain, penggempuran menyebabkan ISIS bergerak ke tempat lain melalui beberapa metode yakni konvergen dan divergen. Biasanya, ISIS akan mengumpulkan orang-orang untuk dicuci otaknya, dilatih, dan diajak bertempur.

Namun, saat ini ISIS menggunakan metode divergen. Hal itu terlihat dari sejumlah ledakan yang terjadi di berbagai negara mulai dari Indonesia dan Inggris.

Atas perubahan itu, Wiranto mengingatkan seluruh aparat tak lengah. Ia akan memimpin rapat koordinasi penuh di Manado bersama panglima TNI, Kapolri, jajaran Kapolda, Pangdam, pejabat intel, dan Pemerintah Daerah untuk merapatkan barisan.

Hal ini menjadi sangat penting mengingat banyak acara internasional akan diselenggarakan di Indonesia tahun depan seperti Asian Games dan pertemuan tahunan IMF dan World Bank.

“Untuk daerah perbatasan yang mengarah ke Filipina Selatan kita akan perkuat, dengan segala cara kita kerahkan. Agar kemungkinan mereka lolos ke Indonesia kecil,” ucap mantan Panglima ABRI ini.

 

 

 

 

Sumber : CNN Indonesia

 

Written by 

Related posts

Leave a Comment